//

PENGARUH INTENSITAS KEBISINGAN DAN PENCAHAYAAN TERHADAP KELELAHAN PEKERJA DI PENGGILINGAN PADI CV MEUTUAH BARO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizki Syawal Putra - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tingkat kebisingan melebihi ambang batas dan tingkat pencahayaan ruangan yang tidak memenuhi standar yang ditetapkan sehingga menimbulkan gangguan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelelahan kerja dan mengetahui pengaruh intensitas kebisingan terhadap kelelahan tenaga kerja di Penggilingan Padi CV. Metuah Baro. Penelitian menggunakan alat Sound Level Meter untuk mengukur kebisingan dan mengukur pencahayaan dengan alat light meter. Untuk mengetahui Nilai Ambang Batas (NAB) dan dibawah NAB dilakukan uji statistic Chi-Square. Teknik pengambilan sampel yang digunakan didalam penelitian ini adalah teknik sampling purposive, populasi penelitian yang menjadi sampel 20 orang. Hasil analisis intensitas kebisingan yang melebihi NAB yaitu 92,5 dB. dan tingkat pencahayaan didapatkan 101,312 tidak mencukupi menurut standar SNI. Pengolahan data dengan menggunakan uji Chi-Square, dengan kategori nominal untuk kebisingan dan nominal untuk kelelahan kerja didapatkan nilai P value = 0,05 yang berarti P < 0,00. Maka ada pengaruh intesitas kebisingan kelelahan bekerja pada pekerja penggilingan padi, dengan keputusan yang diambil adalah tolak H0. Kata kunci: Intensitas Kebisingan, Pencahayaan, Kelelahan Kerja, Nilai Ambang Batas, Chi Square Test

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS TINGKAT PENCAHAYAAN DAN KELEMBABAN RELATIF DI PABRIK PENGGILINGAN PADI CV. MEUTUAH BARO DAN UD. HSLM KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (Mufadhil, 2013)

ANALISIS PAPARAN GETARAN, KEBISINGAN, DAN FAKTOR FISIOLOGI TERHADAP PEKERJA PENGGILING PADI KELILING DI KECAMATAN MONTASIK (Hardiansyah, 2017)

PENERAPAN KONSEP LEAN MANUFACTURING UNTUK MEMINIMASI PEMBOROSAN PENGGILINGAN PADA KILANG PADI (STUDI KASUS : CV MEUTUAH BARO) (Rahmat Arfaz, 2019)

ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI PERUSAHAAN PENGGILINGAN PADI(STUDI KASUS MEUTUAH BARU KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR) (Rizky Prabudi S, 2020)

ANALISIS FINANSIAL PADA PERUSAHAAN KILANG PADI MEUTUAH BARU KECAMATAN KUTA BARO ACEH BESAR (Tomi Agusardi, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy