//

PENGGUNAAN MODUL PEMAHAMAN DIRI TENTANG KARIR DALAM LAYANAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMAN 8 UNGGUL TAKENGON

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang BENGI MAHARA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Mahara, Bengi. 2019. Penggunaan Modul Pemahaman Diri Tentang Karir Dalam Layanan Klasikal Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa SMAN 8 Unggul Takengon. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Syaiful Bahri,M.Pd, (2) Drs. M. Husen, M.Pd Kata kunci : modul pemahaman diri tentang karir, layanan klasikal, kemampuan perencanaan karir. Modul merupakan salah satu media yang dirancang dan digunakan untuk memudahkan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling. Pemberian modul dapat dilaksanakan secara klasikal kepada siswa guna dapat menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi, terutama masalah bidang karir yang berkaitan dengan tingkat kemampuan perencanaan karir siswa. Modul pemahaman diri tentang karir adalah media yang telah dirancang dengan tujuan agar siswa mampu memahami karir sesuai dengan dirinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menge tahui pengaruh media modul pemahaman diri tentang karir dalam layanan klasikal untuk meningkatkan kemampuuan perencanaan karir siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 8 Unggul Takengon yang berjumlah 108 siswa IPA dan 60 orang siswa IPS, dan yang menjadi sampel sebanyak 30 orang siswa kelas XI.IPA 1 berdasarkan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian pre-exsperimental design dengan bentuk one group pretest-postest design. Metode pengumpulan data menggunakan skala perencanaan karir dalam bentuk skala likert. Analisis data dilakukan dengan statistic non-parametric dengan uji-t. Hasil penilitian menunjukan nilai rata -rata sebelum treatment (pretest) adalah 2,84 yaitu hanya terdapat 5 siswa yang berada pada kategori sangat sesuai, selebihnya siswa berada 10 orang pada kategori sesuai, 6 orang siswa pada kategori kurang sesuai dan 9 orang siswa pada kategori tidak sesuai pada kemampuan perencanaan karir. Pada hasil postest nilai rata-rata meningkat menjadi 3,55 yaitu sebanyak 4 siswa pada kategori sesuai dan pada kategori sangat sesuai meningkat menjadi 26 siswa. Hasil analisis data yang diperoleh dari penelitian ini adalah nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 ≤ 0,05. Maka pengujian hipotesis dalam penelitian ini H0 (Hipotesis nihil) ditolak dan Ha (Hipotesis alternative) diterima. Artinya modul pemahaman diri tentang karir dapat meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN MODUL PEMAHAMAN DIRI TENTANG KARIR UNTUK SISWA SMA (YULIANA RIZKI, 2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIR MELALUI METODE PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) ( SUATU PENELITIAN PRA-EKSPERIMEN DI SMAN 8 BANDA ACEH) (Nurul Wilda, 2017)

LAYANAN INFORMASI KARIR DAN PEMAHAMAN LANJUTAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI SISWA MAN 4 ACEH BESAR (ULFA MAHERA, 2021)

PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP KEMATANGAN KARIR DI SMA NEGERI BANDA ACEH (Dika Fadhila, 2017)

PENERAPAN LAYANAN INFORMASI MENGUNAKAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARIR SISWA (SUATU PENELITIAN PRA-EKSPERIMEN DI SMAN 1 BANDAR BARU, PIDIE JAYA) (Sri Rahmatia, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy