//

IDENTIFIKASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI (STUDI PADA SD NEGERI 57 BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurraida - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nurraida. Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi (Studi pada SD Negeri 57 Banda Aceh). Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. (1) Drs. Martunis, M.Si., (2) Fajriani, S.Pd M. Ed Kata Kunci: Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus, Sekolah Inklusi. Penelitian yang berjudul identifikasi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi, akan membantu guru mengetahui masalah siswanya. Tujuan penelitan ini yaitu untuk mengetahui anak berkebutuhan khusus pada SD Negeri 57 Banda Aceh, sehingga siswa mendapatkan layanan pembelajaran yang tepat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri 57 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan bahwa guru tidak melakukan pengidentifikasian apapun terhadap anak berkebutuhan khusus pada sekolah inklusi SD Negeri 57 Banda Aceh. Pengkategorian masalah tersebut dibagi kedalam klasifikasi ringan, sedang, dan berat. Hasil identifikasi data anak berkebutuhan khusus di SD Negeri 57 Banda Aceh diperoleh sebanyak 22 orang, dengan jenis ketunaan dan ragam masalah belajar yang dimilikinya, mereka memiliki masalah kebutuhan khusus lebih daripada satu jenis. Klasifikasi mereka adalah masalah tuna netra ada 11 anak, Masalah tuna rungu 8 anak, masalah tuna wicara 11 anak, masalah autis 8 anak, masalah ADHD 9 anak, masalah disleksia 15 anak, masalah kognitif 6 anak, dan masalah slow learner 16 anak. Adapun intervensi dari permasalahan yang dimiliki mereka adalah terapi ke ahli anak berkebutuhan khusus, penyederhanaan kurikulum, dukungan orang tua, guru dan konseling.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MENGIKUTI PENDIDIKAN INKLUSI DI SMP NEGERI 18 KOTA BANDA ACEH (MUZAKKIR, 2020)

PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TK FKIP UNSYIAH BANDA ACEH (SRI WAHYUNI, 2019)

KESIAPAN GURU DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSI DI SD NEGERI 25 BANDA ACEH (Ratna Dewi, 2019)

KENDALA GURU DALAM MENANGANI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSI DI SD NEGERI BANDA ACEH (SD NEGERI 1, 5, 54) (YAWMA WULIDA, 2020)

PELAKSANAAN PENDIDIKAN INKLUSI DI SD NEGERI 3 BANDA ACEH (Putri Afnita, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy