//

PEMANFAATAN ALTERNATOR SEBAGAI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA BAYU (PLTB)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mirza - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kebutuhan akan energi listrik semakin meningkat sementara ketersediaan terbatas sehingga dibutuhkan sumber energi cadangan. Salah satu sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan dan dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik adalah energi angin. Indonesia merupakan negara tropis, memiliki potensi angin yang dapat digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) baik di tepian pantai atau bukit-bukit . Turbin angin merupakan suatu sistem yang dapat merubah energi kinetik dari angin menjadi energi mekanis untuk menggerakkan putaran pada alternator. Dalam penelitian ini energi angin yang tersedia dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin angin yang dirancang agar dapat menghasilkan energi listrik melalui alternator. Pemanfaatan energi angin ini, dilakukan beberapa tahapan, diantaranya merancang turbin angin dan memodifikasi alternator menjadi generator kecepatan rendah. Berdasarkan hasil yang telah didapat dilapangan, alternator dapat mengeluarkan tegangan listrik dengan memanfaatkan energi angin. Dengan kecepatan angin sebesar 3 m/detik sampai dengan 7,1 m/detik akan memutarkan turbin angin yang dapat memutarkan alternator dengan kecepatan 50 rpm sampai 500 rpm dan tegangan keluaran maksimal sebesar 12,37 volt yang menunjukkan bahwa alternator telah memenuhi syarat pengisian baterai.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN ALTERNATOR KECEPATAN RENDAH YANG DI PAKAI PADA TURBIN ANGIN TIPE HORIZONTAL MULTI BLADE DI PANTAI ALUE NAGA , ACEH BESAR (Analdi Muttaqin, 2013)

PERANCANGAN PROTOTIPE PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN PADA PENERANGAN JALAN UMUM (PJU) (Diana, 2016)

SEPEDA PEMBANGKIT LISTRIK SEBAGAI SUMBER ENERGY STORAGE (Isra Febrianti, 2013)

DESAIN RANGKAIAN KENDALI PENGISIAN DAN PEMAKAIAN ENERGI BATERAI PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA BAYU (PLTB) BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA32 (Saniman R, 2014)

STUDI POTENSI PEMBANGUNAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA HYBRID (SURYA-BAYU) DI BANDA ACEH MENGGUNAKAN METODE JARINGAN SYARAF TIRUAN (T. Syaufi Hayu, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy