//

KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA MATERI FPB DAN KPK DI KELAS IV SDN 2 BAKONGAN ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Revi Sudianti - Personal Name
SubjectMATHEMATICS
MOTIVATION -EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sudianti, Revi. 2019. Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Materi FPB dan KPK di Kelas IV SDN 2 Bakongan Aceh Selatan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Fauzi, M.Pd (2) Dra. Monawati, M.Pd Kata Kunci: kemampuan, Soal cerita, FPB dan KPK Matematika merupakan salah satu pelajaran yang dipelajari pada jenjang pendidikan dasar sampai jenjang pendidikan tinggi. Pembelajaran matematika pada jenjang pendidikan dasar bertujuan untuk melatih cara berpikir secara sistematis, logis, kritis, kreatif, dan konsisten. Salah satu cara melatih berpikir siswa adalah dengan matematika yaitu dengan cara menyelesaikan soal cerita. Adapun rumusan masalahnya adalah: (1) bagaimanakah kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita matematika pada materi FPB dan KPK di Kelas IV SDN 2 Bakongan Aceh Selatan. (2) apa saja kesulitan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi FPB dan KPK di Kelas IV SDN 2 Bakongan Aceh Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah sebanyak 24 orang. Terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita pada materi FPB dan KPK. Dari 24 orang siswa, terdapat 4 orang (16,7%) berada pada kategori sangat baik, 5 orang (20,8%) berada pada kategori baik, 4 orang (16,7%) pada kategori cukup, 2 orang (8,3%) berada pada kategori kurang, dan 9 orang (37,5%) berada pada kategori gagal. Hasil dari wawacara, terungkap sebagian siswa telah mampu menerapkan operasi yang tepat untuk menyelesaikan soal cerita FPB dan KPK, namun dalam hal lain masih banyak siswa yang kebingungan dalam menyelesaikan soal cerita dikarenakan kurang memahami bahasa pada soal cerita tersebut. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan: (1) Kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita matematika berada pada kategori cukup, (2) Kesulitan siswa pada saat menyelesaikan soal cerita matematika pada materi FPB dan KPK di kelas IV adalah: (a) kurangnya pemahaman kemampuan prasyarat yaitu perkalian dan pembagian. (b) menentukan penggunaan cara FPB atau KPK dalam menyelesaikan soal.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DAN SOAL BUKAN CERITA MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEUNARON (Khairunnisah, 2021)

KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI FPB DAN KPK DI KELAS V SDN 50 BANDA ACEH (Nanda Fattia, 2014)

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI OPERASI PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 57 BANDA ACEH (Siti Hawa, 2021)

KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PENGUKURAN SATUAN WAKTU DI KELAS IV RNSD NEGERI LAMREUNG (Lena Arsalna, 2014)

KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI 22 BANDA ACEH (Fahmi Chairurozika Lubis, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy