KAJIAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PADA REKONSTRUKSI RUMAH PASCA BENCANA GEMPA DI KABUPATEN PIDIE JAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

KAJIAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PADA REKONSTRUKSI RUMAH PASCA BENCANA GEMPA DI KABUPATEN PIDIE JAYA


Pengarang

Aulia Reje Yusuf - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1204101010124

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Sipil (S1) / PDDIKTI : 22201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Abstrak

Bencana gempa yang terjadi pada tanggal 7 Desember 2016 yang berkekuatan 6,5 skala Richter mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Pidie, dan Bireuen Provinsi Aceh. Dampak gempa yang sangat parah yaitu di Kabupaten Pidie Jaya. Rehabilitasi dan rekonstruksi rumah untuk tahap 1 telah selesai dibangun sebanyak 2.199 dan pada bulan Maret 2019 dimulai tahap 2 sebanyak 297 rumah dan direncanakan akan selesai pada bulan September 2019. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sejauh mana organisasi ini sudah menerapkan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) sesuai dengan kebutuhan pelaksanan rekonstruksi rumah pasca bencana gempa di Kabupaten Pidie Jaya dan apa sajakah faktor pendukung dan penghambat penerapan MSDM. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses MSDM untuk konstruksi rumah di Kabupaten Pidie Jaya. Metode pengumpulan data sekunder digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan mengumpulkan dokumen yang terkait dalam proses rehabilitasi dan rekonstruksi yang bersumber dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pidie Jaya. Data primer berupa data penerapan MSDM dan faktor pendukung serta penghambat didapat dengan menyebarkan kuisioner dan wawancara kepada responden. Responden ditetapkan sebanyak 20 responden yang berasal dari BPBD, Konsultan Manajemen yang diwakili oleh Fasilitator. Penyebaran dan pengumpulan data di laksanakan selama 1 minggu. Metode pengolahan data menggunakan analisis statistika, melalui proses validasi, reliabilitas dan kriteria interprestasi skor. Hasil dari penelitian ini menyatakan Manajemen Sumber Daya Manusia pada rekonstruksi perumahan pasca bencana diterapkan oleh Konsultan Manajemen berada pada tingkat cukup. Pendukung utama penerapan MSDM adalah adanya kelengkapan dokumen dan penghambat utama adalah adanya anggaran yang salah dipergunakan oleh POKMAS. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai masukan dalam merencanakan MSDM pada pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi rumah pasca bencana di masa yang akan datang.

Kata Kunci: Rekonstruksi Rumah, Kabupaten Pidie Jaya, MSDM Rehabilitasi dan Rekonstruksi

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK