//

ANALISA DATA CUTTING SUMUR BOR DAN DATA RESISTIVITAS UNTUK MENENTUKAN JENIS LITOLOGI DI GAMPONG COT GEUNDREUT, BLANG BINTANG, ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sakinah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian di Gampong Cot Geundreut, Kecamatan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisa data cutting sumur bor dan data resistivitas geolistrik yang bertujuan untuk menentukan jenis litologi bawah permukaan daerah penelitian. Dilakukan penelitian menggunakan metode pengeboran dan metode geolistrik resistivitas yang kemudian dilakukan korelasi antara data yang diperoleh pada kedua metode tersebut saat pengukuran. Pengeboran dilakukan pada satu titik sumur bor hingga kedalaman 95 meter dengan diameter lubang 3 inchi. Data yang diperoleh pada metode pengeboran merupakan data cutting yang dihasilkan dari serpihan-serpihan batuan akibat tergerusnya batuan oleh mata bor pada saat pemboran berlangsung. Pada metode geolistrik resistivitas dilakukan pengukuran menggunakan alat SuperSting dengan konfigurasi Wenner Schlumberger. Pengukuran geolistrik dilakukan pada dua lintasan yang dibentangkan secara cross over terhadap titik pengeboran. Panjang lintasan pertama yaitu 275 m dengan jarak antar elektroda 5 m dan lintasan kedua yaitu 165 m dengan jarak antar elektroda 3 m. Data yang diperoleh pada metode geolistrik merupakan nilai resistivitas semu yang dilakukan pengolahan data dengan menghasilkan model resistivitas bawah permukaan menggunakan Software Res2Dinv. Berdasarkan data cutting pengeboran diperoleh beberapa jenis batuan yang didominasi oleh 4 jenis litologi batuan yaitu batuan lempung, pasir, kerikil dan kerakal. Berdasarkan data resistivitas pada kedua lintasan tersebut, secara umum diperoleh hasil dengan nilai resistivitas rendah (2 – 8 Ωm) yang diinterpretasikan sebagai lapisan lempung, dan nilai resistivitas sedang (8 - 20 Ωm) yang diinterpretasikan sebagai batuan pasir. Korelasi antara data cutting pengeboran dan data resistivitas geolistrik menunjukkan jenis litologi yang relatif sama pada daerah penelitian. Kata Kunci: Metode Resistivitas, Data Cutting Pengeboran, Litologi Batuan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI LAPISAN AKUIFER BERDASARKAN DATA IP DAN RESISTIVITAS DI DESA COT GEUNDREUT KECAMATAN BLANG BINTANG KABUPATEN ACEH BESAR (MUHAMMAD ANDY KURNIAWAN, 2020)

PENENTUAN ZONA AKUIFER BERDASARKAN NORMAL LOGRNRESISTIVITY DAN SPONTANEOUS POTENSIAL (SP) DI RUMAH SAKITRNUMUM DAERAH (RSUD) TENGKU PEUKAN KECAMATAN SUSOHRNKABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Fakhrurrazi, 2015)

STRATEGI PEMASARAN SUSU KEDELAI SOYFRES (STUDI KASUS PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA DI GAMPONG BLANG KECAMATAN BLANG BINTANG KABUPATEN ACEH BESAR) (Jeihan Zhahira, 2014)

IDENTIFIKASI PENYEBARAN INTRUSI AIR LAUT PADA LAPISAN AKUIFER DI GAMPONG DEAH RAYA KECAMATAN SYIAH KUALA MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS (Julia Savana, 2016)

KAJIAN BIOEKOLOGI KANTONG SEMAR (NEPENTHES SPP.) DI AREA HUTAN TANAMAN INDUSTRI KECAMATAN BLANG BINTANG, ACEH BESAR (Muhammad Reza Rizkia, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy