//

PENERAPAN PETA KONSEP PADA MATERI PENINGGALAN SEJARAH DI KELAS IV SD NEGERI 1 KEUDE SEUMOT NAGAN RAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang safrizal - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODE
EDUCATION - VISUAL MATERIALS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Peta Konsep, IPS, Peningggalan Sejarah Penelitian ini berjudul“Penerapan Peta Konsep Pada Materi Peninggalan Sejarah Di Kelas IV SD Negeri 1 Keude Seumot Nagan Raya”. Permasalahan yang diangkat adalah “Apakah penerapan peta konsep dalam pembelajaran IPS pada materi peninggalan sejarah dapat membantu siswa mencapai ketuntasan hasil belajar di kelas IV SD Negeri 1 Keude Seumot Nagan Raya?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa melalui penerapan peta konsep pada materi peninggalan sejarah di kelas IV SD Negeri 1 Keude Seumot Nagan Raya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan nilai. Subjek dalam penelitian ini dipilih 1 ( satu ) kelas yaitu siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Keude Seumot Nagan Raya yang berjumlah 25 orang terdiri dari 9 laki-laki dan 16 orang perempuan. Pengumpulan data penelitian menggunakan soal tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif serta kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa kelas IV mencapai ketuntasan belajar yaitu 81,20. Data yang di peroleh menunjukkan bahwa 96 % siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Keude Seumot Nagan Raya mencapai ketuntasan hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa pada materi peninggalan sejarah di kelas IV SD Negeri I Seumot Nagan Raya, dengan penerapan peta konsep dalam pembelajaran menunjukkan bahwa siswa mencapai ketuntasan hasil belajar setelah diterapkannya peta konsep dalam pembelajaran.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HANTARAN PANAS DI KELAS VI SDN SEUMOT NAGAN RAYA (siska irmayani, 2014)

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PETA KONSEP INTERAKTIF PADA MATERI FILUM CHORDATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA SMAN DI KABUPATEN NAGAN RAYA. (ZAINUL ARIFIN, 2020)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH INFOGRAFIS PADA MATERI PERGERAKAN NASIONAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 DARUL MAKMUR KABUPATEN NAGAN RAYA (ROSNIDAR, 2019)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR DALAM MATERI GERAK PADA TUMBUHAN DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP DAN TIDAK MENGGUNAKAN PETA KONSEP DI SMP NEGERI2 INGIN JAYA ACEH BESAR (Ruhamah, 2021)

KOMPETENSI GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) PADA SMP NEGERI 7 KUALA KABUPATEN NAGAN RAYA (Ellita , 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy