//

ANALISIS HASIL TANGKAPAN ALAT TANGKAP PANCING JORAN DI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) LAMBADA LHOK, BAITUSSALAM ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ita Purnama Sari - Personal Name
SubjectFISHING - COMMERCIAL TECHNOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Jenis dan ukuran layak tangkap hasil tangkapan alat tangkap pancing joran di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Lambada Lhok, Baitussalam Aceh Besar penting untuk diketahui dalam kegiatan penangkapan sebagai upaya menjaga ketersediaan sumberdaya ikan. Umumnya, masyarakat Lambada Lhok yang bekerja sebagai nelayan one day fishing menggunakan kapal (boat) yang berukuran ±5 Gross TonNage (GT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis ikan yang didaratkan di Pangakalan Pendaratan Ikan (PPI) Lambada Lhok, Baitussalam Aceh Besar yang menggunakan alat tangkap pancing joran, mengetahui ukuran layak tangkap hasil tangkapan, mengetahui keanekaragaman dan dominansi hasil tangkapan alat tangkap pancing joran. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 02 Februari 2019-02 Maret 2019. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu pengamatan langsung ke lapangan. Data yang diambil berupa data primer dan sekunder. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sederhana dan dibatasi dari pukul 12.00-15.00 WIB dan diambil 2 kapal pertama yang melakukan bongkar muat hasil tangkapan. Data yang di analisis berupa analisis hasil tangkapan meliputi Komposisi Hasil Tangkapan yang di identifikasi menggunakan buku kunci identifikasi, Jurnal Ilmiah dan Fishbase, analisis ukuran morfometri (Panjang dan Berat), Keanekaragaman dan Dominansi di analisis menggunakan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 39 jenis ikan yang di dapatkan menggunakan alat tangkap pancing joran dengan total hasil tangkapan 1,182 ekor dan berat 177,83 kg, terdapat 216 ekor (18%) hasil tangkapan yang layak tangkap dan 966 ekor (82%) yang tidak layak tangkap. Nilai Indeks Keanekaragaman diperoleh 2,7 dengan kriteria 1

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI KEANEKARAGAMAN, DOMINANSI, DAN UKURAN LAYAK TANGKAP IKAN HASIL TANGKAPAN NELAYAN DENGAN ALAT TANGKAP BAGAN APUNG DI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) LHOK SEUDU, KABUPATEN ACEH BESAR (MUHAMMAD RIANDI, 2020)

KEANEKARAGAMAN DAN KELIMPAHAN JENIS IKAN DI ESTUARI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) LAMBADA LHOK, ACEH BESAR (Feti Ramadani, 2019)

STRUKTUR KOMUNITAS FITOPLANKTON DI ESTUARI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) LAMBADA LHOK, ACEH BESAR (Nunuk Riyanti, 2019)

PENGARUH WAKTU LINGKAR ALAT TANGKAP PUKAT CINCIN (PURSE SEINE) TERHADAP HASIL TANGKAPAN DI PERAIRAN SAWANG BA’U ACEH SELATAN (Muhammad Yanis, 2018)

HUBUNGAN KERAPATAN FITOPLANKTON DENGANPRODUKTIVITAS PRIMER DI ESTUARI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) LAMBADA LHOK, ACEH BESAR (Ainal Marziyah, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy