DAMPAK KEHADIRAN PASAR MODERN TERHADAP PASAR TRADISIONAL DI PASAR NEUSU KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

DAMPAK KEHADIRAN PASAR MODERN TERHADAP PASAR TRADISIONAL DI PASAR NEUSU KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Nanda Aulia Sari - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506101030004

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Sari, Nanda Aulia. 2019. Dampak Kehadiran Pasar Modern Terhadap Pasar Tradisional Di Pasar Neusu Kota Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing.

(1) Drs. Zakaria, M.Ed (2) Dr. Ismail, S.Pd., M.Pd

Kata Kunci : Dampak Kehadiran pasar modern, pasar tradisional

Penelitian ini berjudul Dampak Kehadiran Pasar Modern Terhadap Pasar Tradisional Di Pasar Neusu Kota Banda Aceh. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana dampak kehadiran pasar modern terhadap pedagang enceran di pasar Neusu dan bagaimana tingkat volume penjualan pedagang eceran di pasar Neusu. Sumber data dalam penelitian ini adalah pedagang pasar modern dan pedagang pasar tradisional di Neusu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengolahan dan analisis data menggunakan analisis data lapangan yaitu Miles and Huberman yang terdiri dari tahapan reduksi data, metode data dan konklusi/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Terdapat dampak negatif terhadap beberapa pedagang yang berjualan di pasar tradisional Neusu setelah hadirnya Hijrah Swalayan di Neusu yaitu volume penjualan menurun seperti, barang pedagang sudah kurang laku, pembeli sudah berkurang karena pembeli sudah berpindah ke pasar modern, kemudian dengan hadirnya pasar modern juga berdampak tehadap pendapatan yang diterima setelah hadirnya Hijrah Swalayan pendapatan menurun. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan hadirnya Hijrah Swalayan di Neusu sebagian pedagang pasar tradisional mengancam eksistensi usahanya, pedagang mengatakan dengan dibukanya Hijrah Swalayan tersebut usaha mereka hancur karena tidak sanggup bersaing dengan pasar modern, dan ada sebagian pedagang usahanya masih dalam keadaan normal seperti sebelum dibukanya Hijrah Swalayan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK