SUPERVISI PENGAWAS DALAM PEMBINAAN GURU PADA PAUD DI KECAMATAN BANDA RAYA KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

SUPERVISI PENGAWAS DALAM PEMBINAAN GURU PADA PAUD DI KECAMATAN BANDA RAYA KOTA BANDA ACEH


Pengarang

FITRIANI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1709200050023

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Unsyiah., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

SUPERVISI PENGAWAS DALAM PEMBINAAN GURU
PADA PAUD DI KECAMATAN BANDA RAYA
KOTA BANDA ACEH

Oleh : Fitriani
NPM: 1709200050023

Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Murniati AR, M. Pd.
2. Dr. Niswanto, M. Pd.


ABSTRAK

Pengawas memiliki tugas dan fungsi yang sangat penting dalam proses pendidikan, terutama untuk membina dan membimbing kepala sekolah dan guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: perencanaan, implementasi, dan tindak lanjut supervisi oleh pengawas dalam pembinaan guru pada PAUD di Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah pengawas, kepala sekolah, ketua KKG, dan guru senior. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan supervisi yang dilakukan oleh pengawas adalah menyusun perencanaan supervisi yang dilakukan pada awal tahun ajaran dan melibatkan kepala sekolah, Ketua KKG dan guru senior; (2) Pengawasan supervisi dilakukan melalui kordinasi dengan kepala sekolah, Ketua KKG, guru senior, dan guru yang disupervisi. Kegiatan supervisi meliputi bimbingan kelas, observasi kelas, tes dadakan, konfrensi kasus, dokumentasi, wawancara, angket, dan laporan tertulis; dan (3) Tindaklanjut hasil supervisi dilakukan setelah menelaah dan menilai terhadap guru yang mengalami kesulitan melalui diskusi, konferensi kasus, tanya jawab antara supervisor dengan guru tentang kendala yang dihadapi dalam meningkatkan kemampuannya membina anak.

Kata Kunci: Supervisi, Pengawas, Pembinaan Guru

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK