//

SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MANAJEMEN GURU BIMBINGAN KONSELING PADA SMA NEGERI 4 DAN SMA NEGERI 11 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ARNITA AIDIL - Personal Name
SubjectSCHOOL SUPERVISION
PRINCIPALS (SCHOOL) - ROLE AND FUNCTION
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MANAJEMEN GURU BIMBINGAN KONSELING PADA SMA NEGERI 4 DAN SMA NEGERI 11 BANDA ACEH Oleh : Arnita Aidil NPM : 1709200050007 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Murniati AR, M. Pd. 2. Dr. Niswanto, M. Pd. ABSTRAK Supervisi kepala sekolah merupakan suatu proses yang dirancang secara khusus untuk membantu meningkatkan manajemen guru bimbingan konseling di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran yang jelas mengenai supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan manajemen guru bimbingan konseling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Pengawas, Kepala Sekolah, Wakil Kurikulum, dan Guru Bimbingan Konseling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program Supervisi Kepala Sekolah disusun pada awal tahun ajaran baru semester ganjil dan semester genap, program ini terjadwal dan dilaksanakan minimal dua kali dalam satu tahun, program supervisi kepala sekolah melibatkan wakil kepala sekolah dan guru senior; (2) Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah untuk meningkatkan Manajemen Guru Bimbingan Konseling yang dilakukan oleh tim supervisi yang terdiri dari wakil Kepala Sekolah dan guru senior yang berkompetensi dibidangnya. Pelaksanaan supervisi kepala sekolah dilakukan adanya pemberitahuan antara Kepala Sekolah atau tim supervisi dengan Guru Bimbingan Konseling. Supervisi Kepala Sekolah merujuk pada mampunya guru bimbingan konseling membuat program bimbingan konseling yang terdiri dari Prota, Prosem, RPLBK serta memandirikan peserta didiknya dengan layanan BK. Teknik Supervisi kepala sekolah dilakukan secara individual dan kelompok dengan mengunjungi ruang BK, rapat, diskusi dan tukar pengalaman. (3) Evaluasi Supervisi Kepala Sekolah mengobservasi, mengalisa dan menginterpretasikan hasil supervisi.Hasil evaluasi akan dipertahankan (4) Tindak lanjut supervisi kepala sekolah akan menjadi landasan dalam meningkatkan manajemen guru bimbingan konseling terhadap layanan bimbingan. Kata Kunci: Supervisi Kepala Sekolah, Manajemen, Guru Bimbingan Konseling

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN KONSELING DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (YENNIYAR, 2016)

PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BK PADA SMAN 1 DAN SMAN 2 SIGLI (SAFRIDA, 2018)

SUPERVISI PENDIDIKAN OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU BIMBINGAN KONSELING PADA SMA NEGERI 1 MEUREUDU DAN SMA NEGERI 1 BANDAR BARU PIDIE JAYA (IDAWATI, 2018)

SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SD NEGERI 66 BANDA ACEH (NURUL AINIE, 2018)

SUPERVISI AKADEMIK KEPALASEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DISMA NEGERI I BLANG PIDIE (Jalisal Efendi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy