//

ANALISIS RISIKO PADA PEMBANGUNAN PROYEK KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG DI KABUPATEN PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FAUZAN FAHMI - Personal Name
SubjectCONSTRUCTION
BUILDING - CONSTRUCTION
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Tesis Analisis Risiko Pada Pembangunan Proyek Konstruksi Bangunan Gedung di Kabupaten Pidie Fauzan Fahmi NIM. 1509200060090 Magister Teknik Sipil Jurusan Teknik Sipil – Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala Abstrak Kontraktor sebagai penyedia jasa bertanggung jawab penuh terhadap keberhasilan suatu proyek serta memastikan bahwa proses pembangunan berjalan sesuai dengan rencana. Apabila proyek konstruksi tidak sesuai dengan perencanaan maka akan berdampak kepada kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor risiko yang dominan terjadi pada saat pelaksanaan konstruksi bangunan gedung, mengetahui cara pengendalian dan penanganan faktor resiko yang terjadi. Metodologi yang digunakan ialah metode kualitatif dan kuantitatif dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 55 responden dari jumlah populasi 121 perusahaan. Hasil yang diperoleh berdasarkan analisis frequency index (FI) menunjukkan bahwa faktor risiko yang dominan terjadi dalam pelaksanaan pembangunan gedung di Kabupaten Pidie yaitu: keterampilan dan keahlian; cuaca; akses ke lokasi proyek; pekerja tidak dilengkapi alat pelindung; metode pelaksanaan yang salah; harga material lebih mahal; data desain tidak lengkap; rendahnya kualitas material; kerusakan alat; dan kurangnya jumlah pekerja. selanjutnya cara pengendalian dan penanganan risiko yang terjadi pada saat pelaksanaan proyek konstruksi ialah dengan cara meningkatkan kepercayaan owner; pemilihan pengurus perusahaan yang sesuai dengan keilmuannya di bidang konstruksi; memilih tenaga kerja yang kompeten; mengurangi terjadinya gangguan keamanan; meningkatkan kerjasama dengan pihak aparatur desa setempat; meminimalisasi kerusakan alat; mengatur pembelian material sebelum harga naik; dan menguasai metode pelaksanaan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa risiko yang terjadi dilapangan, harus mampu diminimalisasi agar pelaksanaan konstruksi dapat berjalan dengan baik dan tidak merugikan kedua belah pihak. Kata Kunci: Risiko Proyek, Kontraktor, Proyek Konstruksi, Gedung, Kabupaten Pidie

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PADA PROYEK KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG (RIFAT ADITYA HAWARI, 2020)

FAKTOR-FAKTOR IMPLEMENTASI GREEN CONSTRUCTION PADA PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI PROVINSI ACEH (TARMIZI, 2021)

PERENCANAAN BIAYA MATERIAL PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG BPJN (BALAI PELAKSANA JALAN NASIONAL) TAHAP III (Muhammad Ricci Akbar, 2019)

ANALISIS RISIKO PADA PEMBANGUNAN PROYEK KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG DI KABUPATEN PIDIE (FAUZAN FAHMI, 2019)

PENGARUH FAKTOR-FAKTOR RISIKO DESIGN AND BUILD TERHADAP KESUKSESAN PROYEK PEMBANGUNAN SEKOLAH PERMANEN DI KABUPATEN PIDIE JAYA DAN BIREUEN (FAISAL, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy