//

PENGARUH KEBERADAAN RUANG PUBLIK TERHADAP KREATIVITAS ANAK (STUDI KASUS; TAMAN SARI KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IDA FITRI - Personal Name
SubjectCITY PLANNING - CIVIC ART
SPATIAL PLANNING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Pada saat ini, eksistensi ruang publik sebagai tempat anak mengembangkan kreativitas di Kota Banda Aceh semakin sempit, termasuk Taman Sari sebagai taman kota. Berdasarkan keadaan tersebut, maka diperlukan penelitian untuk mengetahui pengaruh Taman Sari terhadap kreativitas anak, faktor yang paling berpengaruh terhadap kreativitas anak dan peningkatan penataan fasilitasnya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh Taman Sari sebagai ruang publik terhadap kreativitas anak, faktor yang paling berpengaruh terhadap kreativitas anak dan seberapa besar peningkatan penataan fasilitasnya. Lokasi penelitian berada di Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh yaitu Taman Sari. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sembilan puluh lima orang pengunjung dengan kriteria sudah memiliki anak. Pengumpulan data primer dilakukan dengan membagi kuisioner, wawancara dan observasi. Analisis penelitian ini dilakukan dengan analisis regresi linier berganda menggunakan Software SPSS 15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan Taman Sari dengan variabel aksesibilitas, fasilitas, lingkungan dan kenyamanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kreativitas anak, dengan Fhitung sebesar 22.880 > Ftabel sebesar 2,473. Faktor yang paling berpengaruh terhadap kreativitas anak adalah fasilitas dengan nilai thitung = 3,249 > ttabel = 1.662 dan kenyamanan, dengan nilai thitung = 3,112 > ttabel = 1.662. Keberadaan fasilitas-fasilitas di Taman Sari saat ini sudah mengalami perbaikan dan penanganan dari kondisi sebelumnya, terdapat banyak peningkatan fasilitas baik secara kuantitas maupun kualitas. Fasilitas yang terdapat di Taman Sari kota Banda Aceh hendaknya dipertahankan sebagai prasarana bermain bagi anak, jangan dialihkan fungsi menjadi prasarana hiburan. Kenyamanan yang telah dirasakan oleh pengunjung hendaknya terus ditingkatkan oleh instansi terkait agar Taman Sari menjadi wahana tempat anak mengembangkan kreativitasnya. Kata kunci: aksesiblitas, fasilitas, lingkungan, kenyamanan, kreativitas.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI PEMANFAATAN TAMAN KOTA STUDI KASUS: TAMAN SARI KOTA BANDA ACEH (Hervia Yudistira, 2015)

KAJIAN PENATAAN SEMPADAN SUNGAI KRUENG ACEH DI TINJAU DARI RENCANA TATA RUANG WILAYAH KOTA BANDA ACEH (indra moulwian, 2015)

ANALISIS KEBUTUHAN RUANG PARKIR DI KAWASAN TAMAN SARI KOTA BANDA ACEH (Nur Wahida, 2018)

EVALUASI KEBERHASILAN TAMAN BUSTANUSSALATIN SEBAGAI RUANG TERBUKA PUBLIK DI BANDA ACEH (YANTINORA, 2021)

ANALISIS MODEL TARIKAN PERJALANAN PADA TAMAN KOTA DI KOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS TAMAN SARI) (HUSNUL MAHFUZD, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy