//

TINJAUAN PERENCANAAN BENDUNG HIDROLIS DAERAH IRIGASI PEUDADA ANEUK GAJAH RHEUT KABUPATEN BIREUEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dalilah Athifah - Personal Name
SubjectDAMS
HYDRAULIC STRUCTURE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Abstrak Bendung adalah bangunan melintang sungai yang berfungsi mempertinggi elevasi permukaan air sungai dan membelokkan air agar dapat mengalir ke saluran dan masuk ke sawah untuk keperluan irigasi. Tahun 2016 di Krueng Peudada mengalami banjir hingga melebihi tinggi tembok tepi bendung dan membawa material-material yang mengakibatkan rusaknya tubuh bendung dan tembok tepi Bendung Daerah Irigasi (D.I) Peudada Aneuk Gajah Rheut. Tujuan dari perencanaan ini adalah mendesain bendung hidrolis yang stabil. Beberapa tinjauan dalam perencanaan bendung ini meliputi analisis hidrologis, hidraulis, desain, stabilitas serta gambar konstruksi bendung. Hasil analisis hidrologi memberikan informasi perhitungan debit banjir rancangan Q100 sebesar 332,33 m 3 /dt. Elevasi mercu bendung pada desain awal adalah +12,30 m, sedangkan elevasi mercu bendung yang diperoleh +10,49 m lebih besar dari elevasi muka air sebelum pembendungan (UWLawal) yaitu +8,75 m, sehingga digunakan jenis mercu Ogee tipe II. Elevasi muka air banjir pada desain awal adalah +14,50 m, sedangkan elevasi muka air banjir yang diperoleh +12,20 m dengan tinggi 1,71 m. Berdasarkan nilai Froude yang dihitung sebesar 6,41 (Fr > 4,5), maka jenis kolam olak yang didapatkan adalah USBR tipe III dengan panjang 8,65 m pada elevasi +4,24 m. Didapatkan kantong lumpur dengan panjang 87 m dan lebar 5,6 m. Bangunan pengambilan diperoleh 3 bukaan dengan lebar masing-masing 0,8 m dan 2 pilar dengan lebar masing-masing 0,5 m. Bangunan penguras diperoleh 2 bukaan dengan lebar masing-masing 0,8 m dan 1 pilar dengan lebar 0,5 m. Pada bangunan pembilas diperoleh 4 bukaan dengan lebar masing- masing 0,9 m dan 3 pilar dengan lebar masing-masing 0,5 m. Tulangan utama yang diperoleh pada lantai depan dan tubuh bendung sebesar D16-350, dan tulangan bagi sebesar D8-400. Kata kunci: Bendung Peudada Aneuk Gajah Rheut, Analisis Hidrologi, Analisis Hidraulis, Stabilitas

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

REVIEW DESIGN BENDUNG ALUE GEUREUTUT KABUPATEN BIREUEN (EMA RAHMITA, 2017)

TINJAUAN PERENCANAAN PINTU PENGAMBILAN KANAN PADA BENDUNG JAMBO AYE KABUPATEN ACEH UTARA (Mukhlas Syah Walad, 2018)

REVIEW DESIGN BENDUNG SIGULAI KABUPATEN SIMEULUE PROVINSI ACEH (BERYL CHOLIQ AR, 2017)

EVALUASI KEMAMPUAN SERVIS PENDEK BULU TANGKIS PADA SMP NEGERI 1 PEUDADA KABUPATEN BIREUEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (SAFARIAH, 2015)

ANALISIS KUALITAS AIR IRIGASI UNTUK PERTANIAN DI DAERAH IRIGASI PANTE LHONG KABUPATEN BIREUEN (M.Aygun, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy