KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN STRATEJIK PADA SMK NEGERI 1 JANTHO DAN SMK NEGERI 1 AL-MUBARKEYA KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN STRATEJIK PADA SMK NEGERI 1 JANTHO DAN SMK NEGERI 1 AL-MUBARKEYA KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

ICHSAN - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1709200050028

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.201 2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN
MANAJEMEN STRATEJIK PADA SMK NEGERI 1 JANTHO
DAN SMK NEGERI 1 AL-MUBARKEYA
KABUPATEN ACEH BESAR


Oleh : Ichsan
NPM : 1709200050028

Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd.
2. Dr. Bahrun, M. Pd.

ABSTRAK
Kompetensi manajerial yang dimiliki kepala sekolah dalam mengimplementasikan manajemen stratejik sangat menentukan keberhasilan pencapaian tujuan sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perumusan visi dan misi, implementasi manajemen stratejik, serta evaluasi dan pengendalian manajemen stratejik. Pendekatan yang digunakan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian Kepala Sekolah, Guru, Komite Sekolah, dan Dunia Usaha/Dunia Industri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan manajemen stratejik diawali dengan musyawarah seluruh personil sekolah dengan mempertimbangkan keadaan lingkungan internal dan lingkungan eksternal serta perkembangan daerah secara umum; (2) Pelaksanaan manajemen stratejik dilaksanakan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut: pengamatan lingkungan dengan mempertimbangkan lingkungan internal dan lingkungan eksternal, perumusan strategi dilaksanakan dengan menetapkan strategi berdasarkan tujuan SMK dan kurikulum K-13, menuangkan strategi ke dalam program pembelajaran dan program pelatihan serta implementasi strategi dilaksanakan dengan menyusun struktur organisasi, menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja sekolah, melaksanakan proses pembelajaran, melaksanakan praktek kerja industri, dan melaksanakan pengembangan sumber daya manusia; dan (3) Evaluasi dan pengendalian dilaksanakan dengan melibatkan seluruh personil sekolah secara berkelanjutan baik jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang, instrumen evaluasi diri sekolah disusun atas dasar delapan standar nasional pendidikan, evaluasi jangka pendek dilakukan setiap akhir semester, evaluasi jangka menengah dilakukan pada setiap akhir tahun, dan evaluasi jangka panjang dilakukan pada setiap lima tahun sekali.

Kata kunci: Manajerial Kepala Sekolah dan Manajemen Stratejik

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK