//

KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PPKN DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA DI SMP NEGERI 10 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MAGHFIRAH - Personal Name
SubjectTEACHERS
PERFORMANCE RATING - PERSONNEL MANAGEMENT
EDUCATION CHARACTERS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Unsyiah
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PPKN DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA DI SMP NEGERI 10 BANDA ACEH Oleh : Maghfirah NPM : 1709200050025 Komisi Pembimbing: 1. Dr. Khairuddin, M. Pd. 2. Dr. Nasir Usman, M. Pd. ABSTRAK Kinerja guru merupakan kemampuan seorang guru dalam melaksanakan tugas pembelajaran di sekolah dan bertanggung jawab atas peserta didik di bawah bimbingannya dengan meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan guru dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi hasil pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kesiswaan dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran berbasis karakter yang dilakukan selama ini memberi dampak bagi perkembangan sikap dan metode mengajar guru yang saat ini mulai berorientasi pada pembentukan karakter siswa yang lebih positif. (2) Pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter memberi dampak positif terhadap perbaikan karakter seluruh peserta didik. Akan tetapi guru kurang terampil memilih dan memanfaatkan media, sumber belajar, metode guna mendukung tujuan pembelajaran berbasis karakter. Guru kurang terbiasa menggunakan media pembelajaran multimedia, (3) Evaluasi hasil pembelajaran berbasis karakter pada peserta didik memberikan hasil yang sudah baik terkait dengan tingkat perubahan yang terjadi pada peserta didik, seperti; religius, disiplin, peduli lingkungan dan tanggung jawab. Penilaian ini dapat dilihat bahwa sebagian besar peserta didik mulai menampakkan karakter yang baik namun ada juga yang masih terdapat peserta didik yang membutuhkan perhatian khusus dan bimbingan guna membentuk karakter yang sesuai dengan aturan yang dibuat oleh pemerintah. Kata Kunci : Kinerja Guru dan Pendidikan Karakter

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PPKN DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA DI SMP NEGERI 10 BANDA ACEH (MAGHFIRAH, 2019)

MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA PADA SMAN 1 SIGLI KABUPATEN PIDIE (Teuku Mahmuddin, 2017)

STRATEGI GURU PPKN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PADA SISWA SMA NEGERI 1 KISARAN (Muhammad Afriandi Rachman, 2018)

MANAJEMEN PEMBELAJARAN PPKN DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA PADA SDN 1 PEUKAN PIDIE KABUPATEN PIDIE (Mutiyawati, 2017)

PEMBINAAN KARAKTER SISWA OLEH GURU SMP SEDERAJAT DIKECAMATAN PERMATA KABUPATEN BENER MERIAH (Siti Jemari, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy