//

PEMANFAATAN LABORATORIUM PADA MATA PELAJARAN PPKN UNTUK PENINGKATAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN SOSIAL SISWA DI SMA LABORATORIUM UNSYIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NADIA TIARA PUTRI - Personal Name
SubjectENVIRONMENTAL SANITATION
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Tiara Putri, Nadia. 2019. Pemanfaatan Laboratorium Pada Mata Pelajaran PPKn Untuk Peningkatan Kepedulian Lingkungan Sosial Siswa. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Dr. Rusli Yusuf, M.Pd (2) Dr. Sanusi, S.Pd,. M.Si Kata Kunci: Pemanfaatan Laboratorium, Kepedulian Lingkungan Sosial Penelitian ini membahas tentang: Pemanfaatan Laboratorium Pada Mata Pelajaran PPKn Untuk Peningkatan Kepedulian Lingkungan Sosial Siswa Di SMA Laboratorium Unsyiah. Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengamatan lapangan, dimana SMA Laboratorium senantiasa melaksanakan pemanfaatan laboratorium pada mata pelajaran PPKn dimana merupakan pengembangan dari konsep pembelajaran CTL yang tujuannya untuk menyeimbangi antara teori yang dipelajari disekolah dengan fakta yang ada dilapangan atau lingkungan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana proses pemanfaatan laboratorium pada mata pelajaran PPkn oleh siswa SMA Laboratorium Unsyiah (2) Untuk mengetahui apakah dengan pemanfaatan laboratorium pada mata pelajaran PPKn akan meningkatkan kepedulian lingkungan sosial siswa dan (3) Untuk mengetahui adakah faktor penghambat dalam pemanfaatan laboratorium pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses pemanfaatan laboratorium dilakukan berdasarkan kesesuaian dengan isi KD atau materi pembelajaran yang berhubungan dengan laboratorium, (2) Dengan adanya pemanfaatan laboratorium menunjukkan bahwa siswa mempunyai rasa tingkat kepedulian lingkungan sosialnya yang cukup baik dan (3) Kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan laboratorium ada empat yaitu, berupa waktu, biaya, transportasi dan izin. Maka diharapkan kepada pihak sekolah agar dapat mengatasi kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan laboratorium, dan kepada guru mata pelajaran PPKn agar lebih meningkatkan lagi keefektifan pemanfaatan laboratorium agar siswa lebih baik lagi dalam kepedulian terhadap lingkungan sosialnya. Kepada siswa juga diharapkan agar lebih meningkatkan lagi kepedulian akan lingkungan sosialnya.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SMAN MODAL BANGSA DAN SMA LABORATORIUM UNSYIAH (EKA MAWARNI, 2016)

PEMANFAATAN INTERNET OLEH SISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS-TUGAS MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA LABORATORIUM UNIVERSITAS SYIAH KUALA (SURYANINGSIH, 2014)

PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MATA PELAJARAN PKN DI MTSN RUKOH BANDA ACEH (Suryati, 2015)

HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA LABORATORIUM UNSYIAH BANDA ACEH (Desita Yurizki, 2015)

RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI MTSN RUKOH DARUSSALAM (Azhar, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy