//

ANALISIS LAPISAN TANAH BERDASARKAN METODE MULTICHANNEL ANALYSIS OF SURFACE WAVE DAN METODE CONE PENETRATION TEST

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CUT ATIKA HASYA - Personal Name
SubjectWAVE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Abstrak Analisis lapisan tanah meliputi banyak pengujian, terdiri dari pengujian langsung di lapangan maupun di laboratorium. Pengujian di lapangan salah satunya yaitu metode CPT (Cone Penetration Test) yang dapat menghasilkan parameter utama nilai tahanan ujung konus (qc). Metode CPT ini memerlukan biaya yang besar dan tenaga kerja lebih dari 5 orang. Namun dengan adanya perkembangan dibidang teknologi, bidang ilmu geofisika telah menemukan alat serta metode untuk menganalisis lapisan tanah yaitu metode MASW (Multichannel Analysis of Surface Wave) yang dapat menghasilkan parameter kecepatan gelombang geser (Vs). Metode penelitian yang dipakai pada penelitian ini adalah metode MASW dan CPT untuk mendapatkan parameter gelombang geser (Vs) menggunakan metode MASW dan parameter tahanan ujung CPT untuk menganalisis lapisan tanah serta membandingkan hasil dari kedua metode tersebut terhadap karakteristik lapisan tanah sebagai perencanaan pondasi bangunan sipil. Akuisisi data dilakukan di Lambaro Skep, Kecamatan Kuta Alam dan TPI (Tempat Pendaratan Ikan) Lampulo, Kecamatan Kuta Alam. Hasil pada penelitian ini adalah pengukuran MASW di dua lokasi penelitian didapatkan nilai Vs minimum sebesar 70 m/s dan nilai Vs maksimum sebesar 260 m/s. Berdasarkan SNI 1726 - 2012, dikarenakan nilai Vs tidak melebihi 300 m/s maka tanah pada dua lokasi penelitian terbagi ke dalam dua kategori yaitu Tanah Lunak (SE) dan Tanah Sedang (SD). Data CPT yang telah dikorelasikan meggunakan persamaan empiris menjadi nilai Vs menunjukkan hasil yang relatif sama dengan klasifikasi tanah pada MASW. Jenis pondasi yang sesuai diterapkan pada dua lokasi penelit ian adalah pondasi tiang karena letak tanah keras berada pada kedalaman lebih dari 10 meter dibawah permukaan tanah. Kata Kunci: lapisan tanah, MASW, CPT.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INVESTIGASI KEKUKUHAN TANAH BAWAH PERMUKAAN BERDASARKAN NILAI KECEPATAN GELOMBANG GESER (VS) MENGGUNAKAN METODE MASW (MULTICHANNEL ANALYSIS OF SURFACE WAVE) DI KABUPATEN ACEH BESAR (Mohd. Aidil Rizky, 2019)

ANALISIS LAPISAN TANAH BERDASARKAN METODE MULTICHANNEL ANALYSIS OF SURFACE WAVE DAN METODE CONE PENETRATION TEST (CUT ATIKA HASYA, 2019)

IDENTIFIKASI LAPISAN TANAH LUNAK MENGGUNAKAN METODE MASW (MULTICHANNEL ANALYSIS OF SURFACE WAVE) DI KECAMATAN BAITURRAHMAN KOTA BANDA ACEH (RADIFAN RAMADHAN AK, 2019)

ANALISIS KECEPATAN GELOMBANG GESER DI AREA PEMBANGUNAN JEMBATAN KRUENG KALENG, SABET, ACEH JAYA (Fatma Rizki, 2016)

KECEPATAN GELOMBANG GESER (VS30) UNTUK PEMETAAN MIKROZONASI DI KECAMATAN MEURAXA, BANDA ACEH MENGGUNAKAN METODE MASW (MULTICHANNEL ANALYSIS OF SURFACE WAVE) (Livia Minda Yeni, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy