PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH DI SMA NEGERI 1 LHOKNGAPENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH DI SMA NEGERI 1 LHOKNGA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH DI SMA NEGERI 1 LHOKNGAPENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH DI SMA NEGERI 1 LHOKNGA


Pengarang

Ticaya - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1409200160066

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Ticaya (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model
Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Autograph di SMA
Negeri 1 Lhoknga
Hasil belajar siswa pada materi trigonometri masih belum
menggembirakan. Siswa belum mampu menemukan konsep secara mandiri dalam
menganalisis grafik fungsi trigonometri sehingga membutuhkan waktu yang lama
dalam menggambar grafik dan menggambar dengan menggunakan alat tulis
sehingga hasil gambar yang diperoleh masih belum tepat. Oleh karena itu
dibutuhkan sebuah inovasi dalam proses pembelajaran matematika dengan
memanfaatkan teknologi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan
dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan model
pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan Software Autograph pada materi
grafik fungsi trigonometri di SMA Negeri 1 Lhoknga, Aceh Besar. Pendekatan
penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen.
Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA-1 sebagai kelas eksperimen yang
memperoleh pembelajaran dengan model penemuan terbimbing berbantuan Software
Autograph dan siswa kelas X IPA-2 sebagai kelas kontrol yang memperoleh
pembelajaran dengan model penemuan terbimbing tanpa bantuan Software
Autograph. Instrumen penelitian berupa soal tes materi grafik fungsi trigonometri
yaitu pretest dan postest yang masing-masing terdiri dari 4 soal uraian. Untuk
mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan
kelas kontrol digunakan uji t pada taraf signifikansi 0,05 setelah terpenuhi prasyarat
pengujian. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa peningkatan hasil belajar
siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model penemuan terbimbing
berbantuan Software Autograph lebih baik dari pada peningkatan hasil belajar siswa
yang memperoleh pembelajaran dengan model penemuan terbimbing tanpa
berbantuan Software Autograph. Penerapan model penemuan terbimbing berbantuan
Software Autograph terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Penemuan Terbimbing, Software Autograph.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK