//

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH DI SMA NEGERI 1 LHOKNGAPENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH DI SMA NEGERI 1 LHOKNGA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ticaya - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
TEACHING METHODS
MATHEMATICS - STUDY AND TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Ticaya (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Autograph di SMA Negeri 1 Lhoknga Hasil belajar siswa pada materi trigonometri masih belum menggembirakan. Siswa belum mampu menemukan konsep secara mandiri dalam menganalisis grafik fungsi trigonometri sehingga membutuhkan waktu yang lama dalam menggambar grafik dan menggambar dengan menggunakan alat tulis sehingga hasil gambar yang diperoleh masih belum tepat. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah inovasi dalam proses pembelajaran matematika dengan memanfaatkan teknologi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan Software Autograph pada materi grafik fungsi trigonometri di SMA Negeri 1 Lhoknga, Aceh Besar. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA-1 sebagai kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran dengan model penemuan terbimbing berbantuan Software Autograph dan siswa kelas X IPA-2 sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran dengan model penemuan terbimbing tanpa bantuan Software Autograph. Instrumen penelitian berupa soal tes materi grafik fungsi trigonometri yaitu pretest dan postest yang masing-masing terdiri dari 4 soal uraian. Untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol digunakan uji t pada taraf signifikansi 0,05 setelah terpenuhi prasyarat pengujian. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model penemuan terbimbing berbantuan Software Autograph lebih baik dari pada peningkatan hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model penemuan terbimbing tanpa berbantuan Software Autograph. Penerapan model penemuan terbimbing berbantuan Software Autograph terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Penemuan Terbimbing, Software Autograph.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI DAN LKS UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X IS SMA NEGERI 12 KOTA BANDA ACEH (Cut Lidya Natasya K, 2017)

PEMBELAJARAN MELALUI MODEL PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR DI KELAS XI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Rosika Wahyuni, 2019)

PEMBELAJARAN MATERI PROGRAM LINEAR BENBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH DI KELAS XI MAN DARUSSALAM (Annisa Fitri, 2016)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 1 DARUSSALAM ACEH BESAR TAHUN AJARAN 2012/2013 (Nilawati, 2013)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FUNGSI EKSPONENSIAL DAN LOGARITMA DENGAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING BERBANTUAN AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (MAILIS TRIANA, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy