//

KEMAMPUAN PENALARAN SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIFRNGROUP INVESTIGATION PADA MATERI SEGIEMPATRNDI KELAS VII MTSN RUKOH BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Ida Wardani - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
MATHEMATICS - TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Siswa, Model kooperatif Group Investigation Materi matematika dan kemampuan penalaran siswa merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, karena materi matematika dipahami melalui penalaran dan penalaran siswa dilatihkan melalui belajar matematika. Penalaran proporsional (Proporsional reasoning) adalah pengenalan tentang kemiripan struktur dua bilangan dalam masalah perbandingan, baik perbandingan senilai maupun perbandingan berbalik nilai. Dari penelitian sebelumnya telah ditemukan beberapa level penalaran proporsional. Piaget menemukan 4 level yaitu level kualitatif, aditif, multiplikatitif pra proporsional dan multiplikatif proporsional. Dalam pembelajaran segiempat dibutuhkan pendekatan yang dapat mencapai ketuntasan belajar siswa sehingga siswa tuntas dalam belajar dan mencapai kemampuan penalaran yang tinggi diantaranya adalah pembelajaran melalui model Group Investigation. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ketuntasan belajar siswa dan untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa melalui model pembelajaran group investigation. Materi yang diajarkan adalah segiempat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTsN Rukoh Banda Aceh, sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII1 MTsN Rukoh Banda Aceh. Teknik pengumpulan data berupa tes yang berbentuk essay sebanyak 5 soal, lembar kemampuan guru mengajar, lembar aktivitas siswa dan angket respon siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t pihak kanan dengan taraf signifikan 0,05. Dari hasil tersebut terlihat 0,4766 < 1,71 sehingga thitung < ttabel maka H0 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif Group Investigation tidak dapat mencapai ketuntasan belajar siswa pada materi segiempat di kelas VII MTsN Rukoh Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)

PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA MATERI RNPERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL (PLSV) DI RNKELAS VII MTSN TUNGKOB ACEH BESAR (Yulianti, 2015)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG DAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS VIII MTSN KUTA BARO ACEH BESAR (Lia Musnidar, 2015)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING (Listika Burais, 2016)

METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy