//

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI QUICK ON THE DRAW PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL DI SMPN 2 KUTA BARO ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CUT MAULIA AGUSTINA - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
HASIL BELAJAR SISWA
ACEH BESAR
MATERI ARITMETIKA SOSIAL
STRATEGI QUICK ON THE DRAW
SMPN 2 KUTA BARO
PEMBELAJARAN KOOPERATIF
MATEMATIKA SECARA UMUM
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Hasil belajar siswa pada materi Aritmetika Sosial masih rendah di SMPN 2 Kuta Baro, salah satu penyebabnya di karenakan strategi pembelajaran yang digunakan masih kurang tepat. Strategi Quick on the Draw diharapakan dapat menyelesaikan masalah tersebut.Strategi Quick on the Draw adalah salah satu strategi pembelajaran aktif dengan suasana permainan yang mengarah pada kerja tim dan kecepatan. Strategi ini dapat diterapkan pada pembelajaran matematika khususnya pada materi Aritmetika Sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Strategi Quick on the Draw pada materi Aritmetika Sosial di SMPN 2 Kuta Baro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang menggunakan desain control group pre-test post-test design. Populasinya seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Kuta Baro yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian yaitu 50 siswa yang terdiri atas kelas VII-A sebagai kelas kontrol dan kelas VII-B sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Instrumen pada penelitian ini yaitu tes hasil belajar yang diberikan dalam bentuk essai. Pengolahan data menggunakan uji-t pihak kanan setelah prasyarat pengujian terpenuhi. Hasil pengolahan data diperoleh thitung=2,30 dengan taraf signifikan α=0,05 dengan derajat kebebasan(dk) = 48 maka diperoleh ttabel=1,68. Berdasarkan hasil analisis diperoleh t_hitung > t_tabel sesuai dengan kriteria pengujian maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi Quick on the Draw lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan Pembelajaran konvensional pada materi Aritmetika Sosial di SMPN 2 Kuta Baro Aceh Besar. Kata kunci: Strategi quick on the draw, Hasil belajar, Aritmetika sosial.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN METODE QUICK ON THE DRAW DALAM MENYIMPULKAN ISI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (ARIEF DERMAWAN, 2018)

PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW PADA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2017/2018 (IMAS PUTRI ALFIANI, 2018)

EFEKTIVITAS STRATEGI QUICK ON THE DRAW PADA MATERI PELUANG DI KELAS X SMAN 12 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Desilia, 2014)

PENERAPAN STRATEGI QUICK ON THE DRAW PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH. (Lissa Tiffadhiah H, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IPA DI SMPN 12 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2014/2015 (AYU RAIHANI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy