HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI QUICK ON THE DRAW PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL DI SMPN 2 KUTA BARO ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI QUICK ON THE DRAW PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL DI SMPN 2 KUTA BARO ACEH BESAR


Pengarang

CUT MAULIA AGUSTINA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506103020053

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Hasil belajar siswa pada materi Aritmetika Sosial masih rendah di SMPN 2 Kuta Baro, salah satu penyebabnya di karenakan strategi pembelajaran yang digunakan masih kurang tepat. Strategi Quick on the Draw diharapakan dapat menyelesaikan masalah tersebut.Strategi Quick on the Draw adalah salah satu strategi pembelajaran aktif dengan suasana permainan yang mengarah pada kerja tim dan kecepatan. Strategi ini dapat diterapkan pada pembelajaran matematika khususnya pada materi Aritmetika Sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Strategi Quick on the Draw pada materi Aritmetika Sosial di SMPN 2 Kuta Baro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang menggunakan desain control group pre-test post-test design. Populasinya seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Kuta Baro yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian yaitu 50 siswa yang terdiri atas kelas VII-A sebagai kelas kontrol dan kelas VII-B sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Instrumen pada penelitian ini yaitu tes hasil belajar yang diberikan dalam bentuk essai. Pengolahan data menggunakan uji-t pihak kanan setelah prasyarat pengujian terpenuhi. Hasil pengolahan data diperoleh thitung=2,30 dengan taraf signifikan ?=0,05 dengan derajat kebebasan(dk) = 48 maka diperoleh ttabel=1,68. Berdasarkan hasil analisis diperoleh t_hitung > t_tabel sesuai dengan kriteria pengujian maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi Quick on the Draw lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan Pembelajaran konvensional pada materi Aritmetika Sosial di SMPN 2 Kuta Baro Aceh Besar.
Kata kunci: Strategi quick on the draw, Hasil belajar, Aritmetika sosial.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK