//

PREFERENSI PAKAN DAN TINGKAT KESEJAHTERAAN RUSA SAMBAR (CERVUS UNICOLOR), RUSA TOTOL (AXIS AXIS), RUSA BAWEAN (AXIS KUHLII) DI TAMAN HUTAN KOTA LANGSA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Linda Murisqa - Personal Name

Abstrak/Catatan

Rusa merupakan salah satu satwa liar yang telah banyak didomestikasi, salah satu tempat domestikasi di Taman Hutan Kota Langsa, yang memiliki tiga jenis rusa yaitu rusa sambar (Cervus unicolor), rusa totol (Axis axis) dan rusa bawean (Axis kuhlii). Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 16-22 Mei 2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, pendekatan pada penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan teknik observasi langsung menggunakan metode Focal animal sampling. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui preferensi pakan dan tingkat kesejahteraan rusa sambar (C. unicolor), rusa totol (A.axis) dan rusa bawean (A.kuhlii) di Taman Hutan Kota Langsa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa preferensi pakan rusa sambar adalah rumput israel (A.gangetica) 40%, kemudian diikuti oleh daun sembung rambat (M.micrantha), 29%, daun markisa hutan (P.foetida) 24%, rumput gajah (P.purpureum) 4%, dan terakhir rumput pait (A.compressus) sebesar 3%. Preferensi pakan rusa totol adalah rumput pait (A. compressus) 56%, kemudian rumput israel (A. gangetica), dan daun markisa hutan (P. foetida) 17 %, disusul oleh daun sembung rambat (M. micrantha) 6%, dan rumput gajah (P. purpureum) 4 %. Preferensi pakan rusa bawean adalah daun markisa hutan (P. foetida) 61%, kemudian rumput israel (A. gangetica) 18% dan disusul oleh rumput pait (A. compressus) 11%, rumput gajah (P. purpureum) 5% dan daun sembung rambat (M. micrantha) 5%. Hasil skor untuk tingkat kesejahteraan rusa sebesar 20 poin. Simpulan penelitian ini adalah rusa sambar menyukai rumput Israel (A. gangetica) 40%, rusa totol menyukai rumput pait (A. compressus) 56%, sedangkan rusa bawean menyukai daun markisa hutan (P. foetida) 61 %, dan rusa dikategorikan dalam kategori sejahtera.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI CACING PARASIT GASTROINTESTINAL PADARUSASAMBAR (CERVUS UNICOLOR)DANRUSATOTOL (AXIS AXIS ) DI TAMAN MARGASATWABUDAYAKINANTAN (TMSBK) KOTA BUKITTINGGI (NADYA ALFI, 2021)

PERBANDINGAN SPESIES CANDIDA PADA RONGGA MULUT RUSA SAMBAR DAN RUSA TOTOL (Rinda Kartika Balqis, 2020)

PENGARUH JUMLAH PENGUNJUNG TERHADAP PERILAKU MAKAN RUSA SAMBAR (CERVUS UNICOLOR) DI TAMAN RUSA SIBREH, ACEH BESAR (Jummaita Janra Satriana, 2020)

ISOLASI BAKTERI ASAM LAKTAT GENUS LACTOBACILLUS DARI FESES RUSA SAMBAR (CERVUS UNICOLOR) (AMELIA ANDIKA PUTRI, 2018)

EFEK JUMLAH DAN PERILAKU PENGUNJUNG TERHADAP KONSENTRASI METABOLIT KORTISOL PADA RUSA SAMBAR (CERVUS UNICOLOR) DI TAMAN RUSA LAMTANJONG, ACEH BESAR (PEGGY THESYA M J, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy