//

PREPARASI KATALIS NIO/NBOPO4 UNTUK PRODUKSI BIOFUEL SEBAGAI ENERGI TERBARUKAN DARI MINYAK BINTARO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Permintaan Versi cetak
Pengarang NURHAZANAH - Personal Name
SubjectCATALYSIS - CHEMICAL ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Kimia Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Produksi biofuel dari minyak bintaro menggunakan katalis asam padat NiO/NbOPO4 telah dilakukan. Katalis NbOPO4 disintesis melalui metode sol-gel, dilanjutkan dengan pengeringan dan kalsinasi pada temperatur 500oC selama 6 jam. Katalis dimodifikasi lebih lanjut menggunakan Ni(NO3)2.6H2O dengan variasi (2%, 4%, 6%, 8% dan 10% berat) melalui teknik impregnasi. Katalis dikarakterisasi menggunakan XRD, SEM dan EDX. Hasil analisis XRD menampilkan puncak karakteristik NbOPO4 pada katalis tanpa impregnasi nikel. Pada katalis yang diimpregnasi nikel, selain ditemukan puncak karakteristik NbOPO4 juga muncul puncak karakteristik NiO. Dari hasil analisa SEM menampilkan katalis berbentuk pellet. Dari data EDX menunjukkan komposisi katalis terdiri dari oksigen, fosfor, nikel dan niobium dengan persen berat: 40,97 ; 13,44 ; 4,21 dan 36,85%, berturut-turut. Aktivitas katalitik pada proses hydrotreating berlangsung dalam reaktor batch selama 2 jam, tekanan awal 7 bar, temperatur (180, 200, 220, 240oC) dan 0,6 g katalis. Hasil analisa produk dengan GCMS menampilkan fraksi C15-C18 jenis bahan bakar solar sebanyak 62,02% pada temperatur 200oC dengan menggunakan katalis 8% NiO/NbOPO4. Hasil keseluruhan menunjukkan adanya potensi yang sangat menjanjikan dari katalis NiO/NbOPO4 terhadap produksi biofuel pada skala industri guna mengatasi masalah global terhadap krisisnya cadangan minyak bumi. Kata kunci: sol-gel, green diesel, hydrotreating, katalis NiO/NbOPO4, biofuel.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Chat Service LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PRODUKSI BIOFUEL DARI MINYAK JARAK MENGGUNAKAN TEKNOLOGI HYDROTREATING DAN TRANSESTERFIKASI DENGAN MEMANFAATKAN KATALIS BERBASIS NBOPO4 (YULIANA SY, 2019)

PEMBUATAN BIODIESEL DARI MINYAK BIJI BINTARO MENGUNAKAN ABU TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (TKKS)SEBAGAI KATALIS (NURIZA, 2018)

PEMBUATAN BIODIESEL DARI MINYAK BIJI BINTARO MENGGUNAKAN ABU TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (TKKS) SEBAGAI KATALIS (MELIZA GHARSINA, 2018)

PREPARASI KATALIS HETEROGEN DARI MATERIAL SISA PRODUKSI PABRIK BATU BATA DAN UJI AKTIVITASNYA PADA REAKSI TRANSESTERIFIKASI (AMRAINI, 2019)

PREPARASI KATALIS HETEROGEN DARI LIMBAH CANGKANG TIRAM (CRASSOSTREA GIGAS) DAN SEKAM PADI SERTA UJI AKTIVITASNYA PADA SINTESIS BIODIESEL (M HIDAYATUL MUTTAQIN, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy