PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR BAGI SISWA KELAS IV SDN UNGGUL LAMPENEURUT ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR BAGI SISWA KELAS IV SDN UNGGUL LAMPENEURUT ACEH BESAR


Pengarang

TUTIA FITRI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506104040091

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Fitri, Tutia. 2019. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Bagi Siswa Kelas IV SDN Unggul Lampeneurut Aceh Besar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Drs. Fauzi, M.Pd (2) Drs. M. Husin, M.Pd

Kata Kunci : Model Discovery Learning, Hasil belajar, Keliling dan Luas Bangun Datar
Materi keliling dan luas bangun datar merupakan materi di sekolah dasar yang sangat penting karena merupakan dasar dalam belajar matematika lebih lanjut. Oleh karena itu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan matematika, salah satunya adalah dengan Penerapan Model Discovery Learning. Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Bagi Siswa Kelas IV SDN Unggul Lampeneurut Aceh Besar”. Peneliti menetapkan masalah, apakah pembelajaran dengan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi keliling dan luas bangun datar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada materi keliling dan luas bangun datar dengan penerapan model discovery learning.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Unggul Lampeneurut Aceh Besar yang berjumlah 31 siswa terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase.
Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian menunjukkan peningkatan. Hal ini dapat dilihat (a). Hasil nilai rata-rata aktivitas guru pada siklus I yaitu 4,27 berada pada kategori baik dan siklus II yaitu 4,81 pada kategori sangat baik. (b). Hasil nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I 3,18 berada pada kategori cukup dan pada siklus II 4,72 pada kategori sangat baik. (c) Hasil belajar siswa siklus I nilai rata-rata 68,38 dengan persentase ketuntasan klasikal 48,38% dan pada siklus II nilai rata-rata 92,58 dengan persentase ketuntasan klasikal 87,09%. Dapat disimpulkan penerapan model discovery learning dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada materi keliling dan luas bangun datar bagi siswa kelas IV SDN Unggul Lampeneurut Aceh Besar.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK