//

PERANCANGAN TATA LETAK FASILITAS MENGGUNAKAN ALGORITMA BLOCPLAN (STUDI KASUS: PABRIK TAHU BANDUNG – DARUL IMARAH, KABUPATEN ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dirga F Razie - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pabrik tahu Bandung Darul Imarah memproduksi tahu dan tempe setiap harinya. Kapasitas produksi 200 kg tahu perharinya belum mampu untuk memenuhi keseluruhan permintaan karena ada beberapa permintaan yang tidak dapat dipenuhi. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produksifitas adalah melakukan perancangan tata letak. Pada saat ini Pabrik tahu Bandung Darul Imarah tidak memiliki perancangan yang khusus mengenai penempatan fasilitas produksi sehingga mengakibatkan pergerakan material menjadi tinggi. Jarak antar stasiun kerja merupakan masalah yang terjadi pada perusahaan ini. Oleh karena itu, perlu dilakukannya suatu perancangan tata letak untuk menghasilkan total momen perpindahan yang minimum. Total Momen perpindahan saat ini yaitu 529.449 meter/tahun dan total keseluruha proses antara stasiun untuk melakukan sekali produksi adalah sebesar 84,06 meter. Perancangan tata letak dilakukan dengan menggunakan metode Algoritma Blocplan. Hasil dari perancangan yang dilakukan bahwa perancangan tata letak dengan menggunakan algoritma Blocplan mendapatkan total memen perpindahan yang minumim sebesar 497.599 meter/tahu dan total keseluruha proses antara stasiun untuk melakukan sekali produksi adalah sebesar 79,38 meter. Dari hasil keduanya maka mendapatkan pengurangan total momen perpindahan sebesar 6 % yaitu 31.850 meter/tahun di bandingkan dari hasil layout awal.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI DENGAN ALGORITMA BLOCPLAN DAN ALGORITMA CORELAP (STUDI KASUS: UD. SARIGUT BAKERY DI KOTA BANDA ACEH) (Mansurah Husna Gundary, 2018)

PERANCANGAN TATA LETAK FASILITAS MENGGUNAKAN ALGORITMA BLOCPLAN DAN CRAFT (STUDI KASUS: PT. MUTIARA JAYA - KRUENG CUT, ACEH BESAR) (Azhari, 2019)

PERANCANGAN TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI MENGGUNAKAN ALGORITMA CORELAP DAN SIMULASI (STUDI KASUS: PT. DENDENG ACEH GUNUNG SEULAWAH) (MUHAMMAD ADIB N, 2017)

PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA PABRIK TAHU-TEMPE GARUT, KEC. DARUL IMARAH KAB. ACEH BESAR (Widya Mulyana, 2016)

ANALISIS PENGGUNAAN LAHAN EKSISTING BERDASARKAN RENCANA TATA RUANG WILAYAH (RTRW) DI KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (DESRA SAHPUTRA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy