//

KAJIAN HISTOKIMIA SEBARAN KARBOHIDRAT PADA KELENJAR MANDIBULARIS DAN KELENJAR RNLINGUALIS AYAM PETELUR (GALLUS SP.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang sari ramadhani - Personal Name
SubjectFEEDS
CHICKENS - LIVESTOCK
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Hewan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengetahui sebaran karbohidrat pada kelenjar mandibularis dan kelenjar lingualis ayam petelur pada kelompok umur yang berbeda secara histokimia. Penelitian ini menggunakan kelenjar mandibularis dan lingualis yang berasal dari sembilan ekor ayam petelur yang dibagi atas tiga kelompok yaitu, ayam starter berumur satu bulan 10 hari, ayam produktif berumur tujuh bulan dan ayam afkir berumur 1,5 tahun. Setiap kelompok terdiri dari tiga ekor ayam. Kelenjar mandibularis dan lingualis dimasukkan ke dalam larutan fiksasi Bouin untuk diproses menjadi preparat histologi. Sebaran karbohidrat pada kedua kelenjar dideteksi dengan metode pewarnaan alcian blue (AB) pH 2,5 dan periodic acid Schiff (PAS). Hasil penelitian menunjukkan kelenjar mandibularis dan lingualis dari ketiga kelompok umur ayam bereaksi positif terhadap pewarnaan AB pH 2,5 dan PAS yang ditemukan pada sitoplasma sel dan sekreta pada lumen. Pada sitoplasma sel kelenjar mandibularis dan lingualis memperlihatkan reaksi positif AB pH 2,5 dan PAS dengan intensitas reaksi lemah (+) hingga kuat (+++), sedangkan pada sekreta dalam lumen memperlihatkan reaksi negatif (-) hingga positif dengan intensitas lemah (+) hingga kuat (+++). Pada kelenjar mandibularis, karbohidrat asam ditemukan dengan intensitas kuat (+++) pada ayam produktif dan afkir, sedangkan karbohidrat netral ditemukan dengan intensitas yang sama pada ayam starter, produktif, dan afkir. Pada kelenjar lingualis, karbohidrat asam ditemukan dengan intensitas kuat (+++) pada ketiga kelompok umur ayam petelur sedangkan karbohidrat netral ditemukan dengan intensitas kuat (+++) pada ayam starter dan afkir. Reaksi positif terhadap pewarnaan AB ph 2,5 dan PAS mengindikasikan bahwa kedua kelenjar saliva tersebut mengandung karbohidrat asam dan karbohidrat netral.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN HISTOKIMIA SEBARAN KARBOHIDRAT PADA KELENJAR MANDIBULARIS DAN KELENJAR RNLINGUALIS AYAM PETELUR (GALLUS SP.) (sari ramadhani, 2014)

MORFOLOGI DAN SEBARAN KARBOHIDRAT PADA KELENJAR SALIVA BIAWAK AIR(VARANUS SALVATOR) (Alfajri Saputra, 2014)

IDENTIFIKASI DAN DISTRIBUSI KARBOHIDRAT PADA KELENJAR ASESORIS KELAMIN SAPI ACEH JANTAN (HERLINA YULIANI, 2016)

GAMBARAN HISTOLOGI KELENJAR TEMBOLOK AYAM KAMPUNG, BEBEK, DAN MERPATI (Firda Muharrami, 2014)

POLA SEBARAN KARBOHIDRAT PADA KELENJAR ASESORIS KELAMIN MUNCAK (MUNTIACUS MUNTJAK MUNTJAK) JANTAN (Boni Anggara, S,KH, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy