PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TALKING STICK PADA MATERI BANGUN RUANG DI MTSN TUNGKOB ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TALKING STICK PADA MATERI BANGUN RUANG DI MTSN TUNGKOB ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Pengarang

Liya Rinjani Arsa, S.Pd - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906103060011

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata kunci : Pembelajaran kooperatif Talking Stick, Ketuntasan Belajar, Materi
Bangun Ruang.
Dalam matematika, materi bangun ruang merupakan salah satu materi yang
masih dirasakan sulit oleh siswa dalam mempelajarinya. Proses pembelajaran yang
kurang optimal, dapat meyebabkan siswa hanya menerima materi dari guru saja, dan
membuat siswa merasa bosan. Oleh karena iu dalam materi tersebut, dibutuhkan
suatu pendorong yang dapat memotivasi dan meningkatkan minat belajar siswa.
Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan menerapkan pembelajaran
kooperatif Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mencapai ketuntaan belajar
siswa pada materi bangun ruang di MTsN Tungkob Aceh Besar Tahun Pelajaran
2012/2013 melalui model pembelajaran kooperatif Talking Stick. Populasi penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Tungkob Aceh Besar. Adapun sampel
penelitian ini diambil secara acak adalah sebanyak 1 kelas yang terdiri dari 38 siswa,
yang berasal dari kelas VIII
1
. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental design
dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian ini adalah RPP, LKS, Lembar
Observasi Kemampuan Guru (LOKG), Lembar Observasi Kemampuan Siswa
(LOAS), pre-test, post-test. Data dianalisis dengan menggunakan uji-non parametrik
pihak kanan dengan taraf signifikan 0,05, dengan Z
hitung > Ztabel
= 5,337 > 1,64, maka
hipotesis tolak H
0 dan terima H
1
. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan
bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Talking Stick pada materi bangun
ruang di MTsN Tungkob Aceh Besar Tahun Ajaran 2012/2013 dapat mencapai
ketuntasan belajar.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK