//

HUBUNGAN STRES KERJA PERAWAT DENGAN PERILAKU CARING PADA PASIEN DI RUMAH SAKIT PRINCE NAYEF BIN ABDUL AZIZ UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yuli Ismaini - Personal Name

Abstrak/Catatan

Stres kerja merupakan permasalahan dalam manajemen sumber daya manusia dirumah sakit yang berasal dari berbagai faktor yaitu faktor lingkungan, faktor perusahaan dan faktor individu. Stres kerja pada perawat dapat berdampak pada kualitas kinerja perawat terutama dalam pemberian caring pada pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan stres kerja perawat dengan perilaku caring pada pasien di Rumah Sakit Prince Nayef Bin Abdul Aziz Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah correlation study. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu total sampling yang berjumlah 31 responden. Pengumpulan data dilakukan pada 20 Juni sampai 1 Juli 2019 dengan menggunakan kuesioner stres kerja yang dirancang oleh peneliti merujuk pada teori Organizational Behavior Robbins & Judge (2013) serta Caring Behavior Inventory oleh Jean Watson (1985). Hasil penelitian didapatkan tingkat stres kerja perawat berada pada kategori sedang 19 orang (61,3%), tingkat perilaku caring perawat berada pada kategori kurang baik 16 orang (51,6%), hubungan antara stres kerja perawat dengan perilaku caring 0,006 < α (0,05). Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara stres kerja perawat dengan perilaku caring pada pasien di rumah sakit Prince Nayef Bin Abdul Aziz Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Peneliti merekomendasikan kepada pihak rumah sakit untuk dapat memperhatikan faktor-faktor penyebab peningkatan stres kerja perawat. Kata Kunci : Perawat, Stres Kerja, Perilaku Caring Sumber Bacaan : 6 Buku, 28 jurnal online, 6 skripsi, 3 artikel online (2009 – 2019)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGAKUAN PENDAPATAN RAWAT INAP PROGRAM BPJS KESEHATAN PADA RUMAH SAKIT PRINCE NAYEF BIN ABDUL AZIZ UNIVERSITAS SYIAH KUALA (CHAIRA MAULI USRINA, 2017)

GAMBARAN PERILAKU CARING PERAWAT DI RUMAH SAKIT PRINCE NAYEF BIN ABDUL AZIZ UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Ridha Muzaiyanah, 2019)

GAMBARAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP PERILAKU CARING PERAWAT DIRUMAH SAKIT PRINCE NAYEF BIN ABDUL AZIZ UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (ULA URZIA, 2019)

INSTALASI PENERANGAN PADA RUMAH SAKIT PRINCE NAYEF BIN ABDUL AZIZ UNSYIAH DESIGN OF LIGHTING INSTALLATION AT PRINCE NAYEF BIN ABDUL AZIZ UNSYIAH HOSPITAL (Shela Monika, 2017)

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI RUMAH SAKIT PRINCE NAYEF BIN ABDUL AZIZ SYIAH KUALA UNIVERSITY HOSPITAL BERBASIS WEB DENGAN PHP & MYSQL (Muhammad Zulfan, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy