//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Herbet Siburian - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
MATHEMATICS - TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Pembelajaran tipe STAD, materi Lingkaran, hasil belajar Salah satu materi yang diajarkan pada pelajaran matematika di SMP adalah Lingkaran. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti selama mengajar di SMP Negeri 3 Langsa diketahui bahwa hasil belajar siswa pada materi lingkaran belum baik. Melihat kenyataan tersebut, penulis ingin memperbaiki pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan pembelajaran kooperatif. Dalam hal ini penulis melakukan penelitian dengan judul Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Materi Lingkaran untuk Meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Langsa. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi lingkaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Langsa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi Lingkaran di SMP Negeri 3 Langsa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Langsa sebanyak 28 orang siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai pengamatan, dan tahap terakhir refleksi untuk menentukan tidakan selanjutnya. Hasil Belajar yang dimaksud dalam penelitian ini dikatakan tuntas jika hasil tes yang diberikan setelah proses belajar mengajar mencapai KKM yang telah di tetapkan yaitu 65. Sebagai pendukung data hasil belajar siswa, penelitian ini juga mengambil data kemampuan guru mengajar dan aktivitas siswa. Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yang menggunakan rumus persentase sederhana. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 3 Langsa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 RANTO PEUREULAK (Safaruddin, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STADRNPADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP RNPOS KEADILAN PEDULI UMAT (PKPU) TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Said Suhardinsyah, 2014)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LINGKARAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 MAKMUR KABUPATEN BIREUEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 (Suryani Murtadha, 2014)

UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI REDOKS MELALUI PENERAPAN MODEL STAD BAGI SISWA KELAS XI-GAMBAR DI SMK NEGERI 2 LANGSA (JUNASIH, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TIPE CIRC PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (Asrawati, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy