//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X-IS1 SMA NEGERI 16 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurhadiyah - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL MEDIA
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nurhadiyah. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-IS1 Di SMAN 16 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Drs. Thamrin K, M.Si (2) M.Okta Ridha, S.Pd, M.Pd Kata Kunci : Model pembelajaran Problem Based Learning, hasil belajar Penelitian yang berjudul Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Power Point untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-IS1 di SMAN 16 Banda Aceh ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, keterampilan guru dan tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan statistik deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X-IS1 SMAN 16 Banda Aceh tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 21 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, tes dan angket yang ketiganya dianalisis menggunakan uji persentase. Hasil penelitian menunjukkan (1) adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran, (2) terjadi peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dari sedang menjadi sangat baik, (3) persentase ketuntasan individual secara keseluruhan meningkat dari siklus 1 sampai siklus 3 yaitu 76%, 85% dan 95% sedangkan ketuntasan klasikal secara keseluruhan juga meningkat dari siklus 1 sampai siklus 3 yaitu dari 60%, 80% dan 90%. (4) respon siswa cenderung positif dimana siswa 86% siswa menyatakan senang terhadap penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Power Point ini dalam pembelajaran. Dari penelitian ini dapat dismpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Power Point berbantuan media Power Point dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Hubungan Manusia dan Lingkungan Akibat Dinamika Atmosfer.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) BERBANTUAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (PUTRI DELIMA, 2020)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS SMAN 2 BANDA ACEH (M FADHLURRAHMAN, 2020)

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R BERBANTUAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Lina Zulaini, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA SMPN 8 BANDA ACEH (Desi Marlina, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (Silvya Anggrainy, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy