PEMETAAN RISIKO BANJIR BANDANG DI KECAMATAN LAWE SIGALA-GALA KABUPATEN ACEH TENGGARA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PEMETAAN RISIKO BANJIR BANDANG DI KECAMATAN LAWE SIGALA-GALA KABUPATEN ACEH TENGGARA


Pengarang

SUCI ANANDA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1609200140004

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Ilmu Kebencanaan (S2) / PDDIKTI : 61104

Kata Kunci
Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Kebencanaan Unsyiah., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

363.349 3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Banjir bandang merupakan banjir dengan debit air sangat besar yang datang secara tiba-tiba. Tahun 2017, Kecamatan Lawe Sigala-gala termasuk daerah terdampak banjir bandang di Kabupaten Aceh Tenggara, perlu dilakukan penelitian dengan memetakan daerah berpotensi ancaman, kerentanan dan risiko banjir bandang guna meminimalisir risiko bencana banjir bandang. Penelitian dilakukan menggunakan perangkat lunak ArcGIS DESKTOP dengan metode skoring dan pembobotan terhadap parameter. Parameter ancaman berjumlah 6 parameter sedangkan prameter kerentanan berjumlah 2 parameter. Skor yang diberikan terhadap masing-masing parameter memiliki interval 5 dengan kelas rendah, agak rendah, sedang, agak tinggi, dan tinggi. Selanjutnya hasil skoring dan pembobotan ancaman dan kerentanan menjadi parameter dari risiko banjir bandang. Berdasarkan hasil perhitungan, lokasi penelitian terdiri atas 3 kelas ancaman banjir bandang yaitu kelas rendah yang meliputi SubDAS Lawe Deski, kelas sedang yang meliputi SubDAS Lawe Tua Makmur, SubDAS Suka Jaya, SubDAS Lawe Rakat dan SubDAS Tanoh Alas, dan kelas tinggi yang meliputi SubDAS Bukit Merdeka. Sedangkan kelas untuk kerentanan banjir bandang terdiri atas 2 kelas yaitu kelas rendah yang meliputi SubDAS Lawe Deski dan SubDAS Tanoh Alas, dan kelas tinggi yang meliputi SubDAS Bukit Merdeka, SubDAS Lawe Tua Makmur, SubDAS Suka Jaya, dan SubDAS Lawe Rakat. Hasil perhitungan terhadap risiko banjir bandang dilakukan berdasarkan overlaying ancaman dan kerentanan yang menghasilkan kelas rendah, kelas sedang, dan kelas tinggi. Kelas rendah meliputi SubDAS LAwe Deski dan SubDAS Tanoh Alas, kelas sedang meliputi SubDAS Lawe Tua Makmur, SubDAS Suka Jaya, dan SubDAS Lawe Rakat, dan kelas tinggi meliputi SubDAS Bukit Merdeka. Risiko banjir bandang di kecamatan ini dipengaruhi oleh penggunaan lahan, dan kepadatan penduduk. Hal ini disebabkan oleh tidak meratanya sebaran penduduk di kecamatan ini.
Kata kunci: Banjir bandang, ancaman, kerentanan, risiko, Sistem Informasi Geografis.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK