//

STUDI TINGKAT PEMANFAATAN FASILITAS POKOK PELABUHAN PERIKANAN (PP) DI SAWANG BA'U KABUPATEN ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AHMAD FAISAL - Personal Name

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian tentang studi tingkat pemanfaatan fasilitas pokok Pelabuhan perikanan di Sawang Ba’u, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemanfaatan fasilitas pokok pelabuhan perikanan dan pada penelitian kali ini ruang lingkup yang akan diteliti terhadap tingkat pemanfaatan fasilitas pokok dibatasi dengan tiga fasilitas yaitu dermaga, kolam labuh dan lahan. Penelitian dilakukan pada bulan April 2018 dengan menggunakan metode survey langsung melalui pengambilan data primer dan data sekunder. Data yang diperoleh dianalisis melalui perbandingan klasifikasi yang tersedia di PP Sawang Ba’u dengan peraturan menteri kelautan dan perikanan no.8 tahun 2012 dan formula dirjen perikanan tangkap tahun 1984. Pada penelitian ini juga dibuat beberapa kerangka pemikiran dan berbagai pohon permulaan analisis tiap fasilitas yang di analisis mencakup data dermaga pelabuhan, data luas kolam pelabuhan juga lahan pelabuhan yang acuan sumber data berasal dari pihak pelabuhan perikanan dan dinas kelautan dan perikanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemanfaatan dermaga pendaratan dan kolam labuh sanggat tinggi masing-masing (105,25%) pada dermaga pendaratan dan pada kolam labuh (≥ 100%), sedangkan pemanfaatan lahannya masih rendah (39,4%). Jadi berdasarkan hasil penelitian tersebut perlu dilakukan pengembangan fasilitas utama khususnya dermaga dan kolam labuh karena melebihi kapasitas yang ada guna untuk memperlancar aktivitas gerak olah kapal agar tidak terjadinya keterlambatan pembongkaran sehingga hal tersebut dapat menyebabkan penurunan mutu ikan hingga nelayan merugi pada hasil tangkapannya, sedangkan pada lahan pelabuhan masih diperlukan optimalisasi agar lebih optimal dan dilakukan pengembangan secara bertahap dengan meresmikan tanah yang dimiliki warga setempat harus di klaim pemerintah dan di alokasikan pembangunan baru untuk warga setempat.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS INDEKS KINERJA PENGELOLA DAN INDEKS KEPUASAN PENGGUNA DI PELABUHAN PERIKANAN LABUHANHAJI, ACEH SELATAN (MUAMMAR RAZAQ, 2020)

ANALISIS TINGKAT PEMANFAATAN FASILITAS POKOK DI PELABUHAN PERIKANAN LAMPULO BANDA ACEH (rosi rahayu, 2016)

STUDI PEMANFATAAN FASILITAS PELABUHAN PERIKANAN DI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) GAMPONG BLANG, CALANG, ACEH JAYA. (MUFADZAL, 2019)

PERAN PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) LHOK BENGKUANG DALAM MENDUKUNG KEGIATAN PRA DAN PASCA PRODUKSI PENANGKAPAN IKAN DI KECAMATAN TAPAKTUAN (MUHAMMAD HABIBIE, 2019)

TINGKAT PELAKSANAAN FUNGSI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) UJONG BAROH KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT (Cici Dianita, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy