//

STUDI KOMPARASI SOSIAL STIGMA TERHADAP PENDERITA SKIZOFFRENIA PADA MAHASISWA KEPERAWATAN SEBELUM DAN SESUDAH MENGAMBIL MATA KULIAH DAN PRAKTIK KEPERAWATAN JIWA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SRI MULIANTI - Personal Name
SubjectHEALTH EDUCATION
SCHIZOPHRENIA
Bahasa Indonesia
Fakultas fakultas keperawatan universitas syiah kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) biasanya menghadapi dua permasalahan yang mengganggu. Selain menghadapi penyakit, mereka juga harus melawan stigmatisasi masyarakat terhadap penyakit yang diderita sehingga sangatlah penting upaya meminimalisir stigma terhadap ODGJ. Mahasiswa keperawatan sebagai calon petugas kesehatan diharapkan memiliki persepsi positif terhadap ODGJ melalui peningkatan pengetahuan dan kontak secara teoritis untuk meminimalisir stigmatisasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan stigma mahasiswa yang belum mengambil mata kuliah keperawatan jiwa, yang sudah mengambil mata kuliah keperawatan jiwa, dan yang sudah selesai melaksanakan praktik K3S keperawatan jiwa di RSJ. Waktu penelitian dimulai dari tanggal 14 Mei-2 Juni 2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain cross sectional study. Total sampling digunakan sebagai teknik pengambilan sampel, dimana 521 mahasiswa aktif Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala menjadi sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner baku yaitu Attribution Questionnaire (AQ)-27 secara online. Data penelitian dianalisis menggunakan Independent t-test untuk melihat adanya perbedaan antara variabel. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan stigma antara mahasiswa yang belum mendapatkan mata kuliah keperawatan jiwa dengan yang sudah mendapatkan (0,00470,05). Berdasarkan hasil direkomendasikan agar mahasiswa K3S mendapatkan briefing pada saat K3J sebelum masuk praktik keperawatan jiwa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN PEER GROUP STIGMA MAHASISWA KEPERAWATAN TERHADAP ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA DI KOTA BANDA ACEH (Putri Maina, 2020)

HUBUNGAN MENTAL HEALTH LITERACY DENGAN PEER GROUP STIGMA PADA MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Desri Maulizani, 2021)

STUDI KOMPARASI STIGMA SOSIALTERHADAP PENDERITA HIV/AIDS PADA MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN SEBELUM DAN SESUDAH MENDAPATKAN MATA KULIAH KEPERAWATAN HIV/AIDS (INTASHARA, 2019)

HUBUNGAN HOME VISIT PERAWAT DENGAN KEMANDIRIAN KELUARGA DALAM PERAWATAN HALUSINASI PADA PASIEN SCHIZOPHRENIA DI PUSKESMAS DEWANTARA DAN NISAM KABUPATEN ACEH UTARA (ERSIDA, 2016)

PERSEPSI MAHASISWA KEPERAWATAN DAN KEDOKTERAN TENTANG INTERPROFESSIONAL EDUCATION DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Muhammad Zubaili, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy