//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN PROBLEM POSING PADA MATERI SUDUT DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2012/2013

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Vero Yulia - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
COOPERATIVE LEARNING
MATHEMATICS - TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci : Ketuntasan belajar, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, pendekatan problem posing, Sudut. Materi sudut merupakan salah satu materi matematika yang sulit dipahami siswa. Rendahnya pemahaman siswa terhadap materi ini, diduga disebabkan model dan pendekatan pembelajaran yang diberikan. Pembelajaran kooperatif merupakan suatu pembelajaran yang mengutamakan kerja sama antar siswa dalam kelompokkelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran kooperatif terdiri dari beberapa tipe, salah satunya adalah pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achieverment Devision (STAD), tipe STAD terdiri dari siklus pengajaran biasa, studi kerja sama dalam tim dengan gabungan kemampuan, dan ujian kecil, dengan penghargaan atau imbalan. Demikan pula Pendekatan problem posing lebih menuntut siswa dalam membuat soal berdasarkan informasi yang diberikan. Penelitian ini mengangkat masalah apakah dengan penerapan model kooperatif tipe STAD dengan pendekatan problem posing dapat mencapai ketuntasan belajar siswa pada materi sudut di SMP Negeri 2 Banda Aceh? tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan problem posing pada materi sudut dapat mencapai ketuntasan belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Banda Aceh. jenis penelitian ini adalah eksperiment siswa dengan desain one-shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banda Aceh, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 SMP Negeri 2 Banda Aceh sebanyak 25 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi kemampuan guru mengelola pelajaran, observasi aktivitas siswa dan angket respon siswa. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05, dari hasil perhitungan diperoleh t = 2,08 sedangkan t1-α = 1,71 . sehingga t > t1-α yaitu 2,08 > 1,71. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajara kooperatif tipe STAD dengan pendekatan problem posing dapat mencapai ketuntasan belajar siswa pada materi hubungan antar sudut di kelas VII SMP Negeri 2 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

THE USE OF STAD MODELED-COOPERATIVE LEARNING TO IMPROVE READING COMPREHENSION (Herliana, 2021)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) DALAM JPS GEOGRAFI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 5 BANDA ACEH (Aidha Auliani, 2021)

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 37 BANDA ACEH (Sari Karmila, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI MENJUMLAHKAN PECAHAN BIASA UNTUK SISWA KELAS RNV SDN 37 BANDA ACEH (dewi misra, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 5 BANDA ACEH DARI DUA TIPE MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (TINJAUAN KASUS PADA MATERI PERUBAHAN SIFAT BENDA) (Fikra Bayu Zaliqa, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy