//


Notice: Undefined variable: authorss in /var/www/html/lib/detail.inc.php on line 470

Notice: Undefined variable: authorss in /var/www/html/lib/detail.inc.php on line 495

ANALISIS VEGETASI TUMBUHAN DI KAWASAN AIR TERJUN SUHOM, KECAMATAN LHOONG, KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nailu Sa’dah. 2019. Analisis Vegetasi Tumbuhan di Kawasan Air Terjun Suhom Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Djufri, M. Si., (2) Dr. Supriatno, M. Si. Kata Kunci: Analisis, Vegetasi, Tumbuhan, Nilai Penting Tumbuhan (NP). Analisis vegetasi merupakan metode untuk mempelajari komposisi jenis dan struktur vegetasi tumbuh-tumbuhan yang terdapat pada suatu daerah tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi jenis tumbuhan, Nilai Penting (NP) tumbuhan dan indeks keanekaragaman (H’) jenis tumbuhan di Kawasan Air Terjun Suhom Kecamatan Lhoong Kabupaten Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik kuadrat dan penentuan petak ukur (plot). Stasiun pengamatan terdiri dari tiga stasiun (tepi air terjun, tepi sungai, hutan disekitar kawasan air terjun) yang terdiri dari plot herba, semak, perdu dan pohon masing-masing berjumlah 5 plot. Parameter yang diukur mencakup kerapatan, frekuensi dan dominansi setiap jenis herba, semak dan pohon. Analisis data dengan cara menghitung nilai penting dan indeks keanekaragaman. Hasil penelitian di peroleh 47 jenis tumbuhan yang terdiri dari 17 jenis tumbuhan herba (13 familia), 13 jenis tumbuhan semak (9 familia), dan 17 jenis tumbuhan pohon (14 familia). Nilai penting yang diperoleh tiap jenis tumbuhan berkisar antara 2,17 - 55,77. Jenis yang mempunyai nilai penting tinggi antara lain Mimosa pudica L. (55,77), Chromolaena odorata L. (52,09), Areca catechu L.(37,18), Alocasia cucculata Schot G. Don. (35,97), Salacca affinis Griffith. (36,21), Acmella paniculata DC. (27,88), Nephelium malaiense L. (27,01), dan Lantana camara L. (26,52). Hasil perhitungan indeks keanekaragaman berturut-turut herba 2,37, semak 2,10 dan pohon 2,36, kesemuanya termasuk dalam kategori sedang.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INVENTARISASI PTERIDOPHYTA DI KAWASAN AIR TERJUN SUHOM KECAMATAN LHOONG KABUPATEN ACEH BESAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BOTANI TUMBUHAN RENDAH (Intan Sarina, 2019)

LUMUT TERESTERIAL DI KAWASAN WISATA AIR TERJUN KUTA MALAKA KABUPATEN ACEH BESAR (Erin Juwita, 2017)

INVENTARISASI JENIS-JENIS TUMBUHAN PAKU DAN PEMANFAATANNYA DI KAWASAN AIR TERJUN SEKUALAN KECAMATAN SERBAJADI KABUPATEN ACEH TIMUR (KASUMAH, 2021)

ANALISIS VEGETASI DI KAWASAN PESISIR PANTAI KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (ANGGI PRATIWI, 2021)

KAJIAN JENIS TUMBUHAN SEBAGAI OBAT TRADISIONAL PADA ANAK BALITA DI KECAMATAN LHOONG KABUPATEN ACEH BESAR (Rita Zaharah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy