//

KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PENGUKURAN DI KELAS V SD NEGERI 29 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Fizziah - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL TEST AND MEASURE MENT
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Fizziah, Nurul. 2019. Kesulitan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Pengukuran Di Kelas V SD Negeri 29 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Linda Vitoria, S.Si., M.Sc (2) Dra. Rosma Elly,M.Pd Kata Kunci: Kesulitan peserta didik, soal cerita, pengukuran. Matematika merupakan mata pelajaran yang sering dianggap sulit oleh peserta didik khususnya soal cerita pada materi pengukuran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kesulitan apa saja yang dialami peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pengukuran di kelas V SD Negeri 29 Banda Aceh. Penelitia n ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pengukuran di kelas V SD Negeri 29 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualititatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 29 Banda Aceh yang berjumlah sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang terdiri dari 5 soal cerita yang berbentuk essai dan wawancara. Teknik analisis data dengan menggunakan Data Reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan kesimpulan dan verifikasi data. Berdasarkan hasil pengumpulan data menunjukkan sebanyak 8 dari 30 peserta didik atau 26.7% tuntas dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pengukuran. Sedangkan sebanyak 22 dari 30 peserta didik atau 73,3% tidak tuntas dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pengukuran di kelas V SD Negeri 29 Banda Aceh. Dapat disimpulkan bahwa peserta didik di kelas V SD Negeri 29 Banda Aceh mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pengukuran. Kesulitan yang dialami adalah kurang memahami soal, sulit menentukan rumus yang tepat, kesulitan melakukan operasi hitung, dan prosedur penyelesaian soal masih keliru. Sebaiknya guru rutin membiasakan soal cerita kepada peserta didik untuk dikerjakan agar peserta didik terbiasa dalam menyelesaikan masalah.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PENGUKURAN SATUAN WAKTU DI KELAS IV RNSD NEGERI LAMREUNG (Lena Arsalna, 2014)

KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK DI KELAS V SD NEGERI 26 BANDA ACEH (Meri Muliana, 2019)

KESULITAN-KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA MURID KELAS V SD MUHAMMADIYAH I BANDA ACEH (Vitriya, 2021)

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI OPERASI PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 57 BANDA ACEH (Siti Hawa, 2021)

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PERBANDINGAN DAN SKALA DI KELAS V SDN 1 JEUMPET ACEH BESAR (NOVA YUSRIANA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy