PERAN GURU GEOGRAFI DALAM MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI SISWA SMA DI KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PERAN GURU GEOGRAFI DALAM MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI SISWA SMA DI KOTA BANDA ACEH


Pengarang

SIGNORINA KASVIA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506101040039

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Abstrak
Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana peran guru geografi dalam meningkatkan kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami siswa SMA di Kota Banda Aceh, dan (2) bagaimana tingkat kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami siswa SMA di Kota Banda Aceh. Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui peran guru geografi dalam meningkatkan kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami siswa SMA di Kota Banda Aceh, dan (2) mengetahui tingkat kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami siswa SMA di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 29 guru geografi dan seluruh siswa jurusan IPS di SMA Negeri di Kota Banda Aceh. Sampel penelitian sebanyak 15 guru sedangkan untuk siswa 10 siswa setiap sekolahnya diambil secara Purposive Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada guru dan soal tes kepada siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan rumus persentase statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil analisis dari 15 guru geografi pada delapan SMA Negeri di Kota Banda Aceh dapat diketahui bahwa peran guru geografi dalam meningkatkan kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami siswa lebih dominan pada kategori sedang, dari jawaban 6 guru sebagai responden (40%). dan (2) Hasil analisis tingkat kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami dari 77 siswa Jurusan IPS pada delapan SMA Negeri di Kota Banda Aceh dapat diketahui bahwa tingkat kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami pada siswa berada pada tingkat kesiapsiagaan sangat siap, dari jawaban 26 siswa sebagai responden (33,76 %).
Kata Kunci: peran, guru geografi, kesiapsiagaaan, bencana, siswa

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK