//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN SELF EFFICACY SISWA FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FARRAH MAULIDIA - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
MATHEMATICS - STUDY AND TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Kreativitas dan self efficacy siswa dalam menyelesaikan masalah matematika masih rendah. Siswa dengan gaya kognitif field dependent (FD) dan field independent (FI) memiliki kreativitas dan self efficacy yang berbeda. Salah satu model pembelajaran yang diyakini dapat meningkatkan kreativitas dan Self Efficacy siswa adalah model Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan self efficacy siswa FD dan FI melalui penerapan model problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre-test post-test control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 1 Banda Aceh dengan sampelnya terdiri atas dua kelas dari 11 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan sampel satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan dua macam instrumen yaitu instrumen tes untuk mengukur kreativitas siswa dan instrumen angket untuk mengukur self efficacy siswa. Pengelompokan siswa FD dan FI dilakukan berdasarkan hasil tes Group Embedded Figure Test (GEFT). Untuk melihat peningkatan kreativitas dan self efficacy siswa FI dan FD dilakukan uji-t berpasangan sementara untuk melihat hubungan antara kreativitas dan self efficacy siswa dilakukan uji korelasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa 1) peningkatan kreativitas siswa FD yang dibelajarkan dengan model PBL lebih baik dari pada siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional, 2) peningkatan kreativitas siswa FI yang dibelajarkan dengan model PBL lebih baik dari pada siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional, 3) peningkatan self efficacy siswa FD yang dibelajarkan dengan model PBL lebih baik dari pada siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional, 4) peningkatan self efficacy siswa FI yang dibelajarkan dengan model PBL lebih baik dari pada siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional, 5) terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas dan self efficacy siswa jika ditinjau dari gaya kognitif FI dan FD. Kata Kunci: Gaya kognitif, Kreativitas, Model Problem Based Learning, Self efficacy.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

A REVIEW OF SOME EFFECTIVE TECHNIQUES AND MEDIA IN TEACHING ENGLISH TO STUDENTS WITH LEARNING DISABILITY (LIBRARY RESEARCH) (Putri Rizqa Maulida Nst, 2017)

METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014)

APPLYING CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING METHOD IN TEACHING WRITIN G FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (Soraya, 2021)

THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING LISTENING SKILL TO SENIOR HIGH SCHOOOL STUDENTS (lia maisyarah, 2013)

THE USE OF VIDEO-BASED LEARNING FOR THE IMPROVEMENT OF STUDENTS’ WRITING ACHIEVEMENT (Riski Agustina, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy