//

PENGENDALIAN HAMA KEONG MAS (POMACEACANALICULATA)RNDENGAN EKSTRAK KUNYIT KETUMBU (CURCUMA MANGGA)RNDI PERSAWAHAN GAMPONG LAMPUUK KECAMATAN KUTA BARORNKABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fitriani - Personal Name
SubjectSNAILS
BIOLOGY - EDUCATIONS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Keong Mas, Kunyit Ketumbu, Mortalitas Telah dilakukan penelitian tentang Pengendalian Hama Keong Mas (Pomacea canaliculata) dengan Ekstrak Kunyit Ketumbu (Curcuma mangga) di Persawahan Gampong Lampuuk Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 01 s/d 13 Desember 2013 di persawahan Gampong Lampuuk Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh ekstrak kunyit ketumbu (Curcuma mangga) terhadap mortalitas keong mas (Pomacea canaliculata) dan konsentrasi ekstrak kunyit ketumbu (Curcuma mangga) yang paling efektif dalam pengendalian hama keong mas (Pomacea canaliculata). Metode penelitian adalah eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah keong mas (Pomacea canaliculata) yang ada di persawah Gampong Lampuuk Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Pengumpulan data dilakukan dengan mencatat jumlah keong yang mati setelah diberikan perlakuan pertama dijadikan sebagai kontrol (P0=100% air), perlakuan kedua diberikan ekstrak 25% (P1= 25% ekstrak + 75% air), perlakuan ketiga diberikan ekstrak 50% (P2= 50% ekstrak + 50% air). Perlakuan keempat diberikan ekstrak 75% (P3= 75% ekstrak + 25% air) dan perlakuan keempat diberikan ekstrak 100% (P1= 100% ekstrak). Data yang diperoleh dianalisis dengan Anova dan dilanjut dengan uji BNT (Beda Nyata Terkecil). Hasil penelitian menunjukkan F hitung = 14,189 dan F tabel= 5,911 pada p=0,05 (Fhitung > F tabel). (Hipotesis) Mortalitas keong mas pada konsentrasi 25%, 50%, 75% dan 100% secara berurut adalah 12, 19, 28 dan 33. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ekstrak kunyit ketumbu (Curcuma mangga) berpengaruh terhadap mortalitas keong mas (Pomacea canaliculata) dan konsentrasi kunyit ketumbu yang paling efektif dalam pengendalian hama keong mas adalah pada perlakuan 100%.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEPADATAN POPULASI KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA L.) PADA TIGA VARIETAS PADI DI AREA PERSAWAHAN KEMUKIMAN TUNGKOP KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Fannul Aula Putri, 2014)

PEMANFAATAN EKSTRAK TANAMAN TEMBAKAU (NICOTIANAE TOBACUM L) SEBAGAI PESTISIDA ORGANIK UNTUK PENGENDALIAN HAMA KEONG MAS (POMACEACE CANALICULARA L ) DI KAWASAN PERSAWAHAN GAMPONG TUNGKOP ACEH BESAR (Nova Emiliani, 2016)

DAYA HAMBAT EKSTRAK RIMPANG KUNYIT (CURCUMA DOMESTICA VAL) TERHADAP PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS ATCC 29212 SECARA IN-VITRO (Ratika Raynasari, 2019)

PENGARUH EKSTRAK KUNYIT (CURCUMA DOMESTICA) TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP BENIH IKAN KERAPU LUMPUR (EPINEPHELUS TAUVINA) YANG TERINFEKSI BAKTERI (AEROMONAS HYDROPHILA) (SYAHRUL AZWARI, 2016)

UJI TOKSISITAS PENGENDALIAN KEONG MAS (POMACEA CANALICULATA L.) DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI PESTISIDA ORGANIK DARI KULIT AKAR TUBA ( DERRIS ELLIPTICA BENTH.) DAN BIJI PINANG (ARECA CATECHU L.) (Maimunah, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy