//

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN STRATEGI TRUE OR FALSE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 5 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YUNITA SAFITRI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Safitri, Yunita, 2018. Pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Dengan Strategi True or False Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa kelas XI IPA SMA N 5 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: Drs. Mawardi Umar, M.Hum,MA (2) Nurasiah, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif Tipe Make a Match, Strategi True or False, Prestasi Belajar Sejarah. Penelitian yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Dengan Strategi True or False Terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas XI IPA SMA N 5 Banda Aceh ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan Strategi True Or False terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas XI IPA SMA N 5 Banda Aceh, dan (2) Menjelaskan faktor yang mempengaruhi pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan Strategi True or False. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 5 Banda Aceh sebanyak 89 siswa yang terdiri dari 3 kelas dan sampelnya terdiri dari 48 siswa. yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas ekperimen berjumlah 24 siswa, dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol berjumlah 24 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling yaitu mengambil sampel secara acak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan strategi True or False berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah. Dari hasil pengolahan data menggunakan analisis uji-t diperoleh nilai pada taraf 5% (α=0,05) diperoleh thitung = 4,63 pada taraf signifikan (α=0,05) dan peluang (1-α), t(0,95)(23) = 2,02 dengan dk = 24 – 1 = 23. Karena 4,63 > 2,02 maka, H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian sesuai kriteria pengujian, maka hipoesis diterima. Faktor yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan strategi True or False adalah ketertarikan siswa terhadap proses belajar di dalam kelas. Siswa dapat melibatkan dirinya secara langsung dalam memecahkan materi pelajaran. Hal ini mempengaruhi minat dan motivasi belajar siswa, karena siswa tidak hanya menjadi pendengar pasif dari informasi yang disampaikan guru tapi melibatkan diri secara langsung dalam pembelajaran di kelas.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN STRATEGI DOMINO TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TAKENGON (YUNITA FITRI, 2017)

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE MAKE A MATCH DENGAN METODE FLASH CARD DI SMP NEGERI 18 BANDA ACEH. (Susiani, 2014)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN STRATEGI READING QUIZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (SRI WAHYUNA, 2019)

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJARRNIPS KELAS VII-4 SMP NEGERI 4 KEJURUAN MUDARNKABUPATEN ACEH TAMIANG (RAHIMAH, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (CUT JULITA ZAHARA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy