PROSEDUR PERHITUNGAN DAN PELAPORAN PPH PASAL 23 ATAS JASA OUTSOURCING PADA PERUM BULOG DIVISI REGIONAL ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PROSEDUR PERHITUNGAN DAN PELAPORAN PPH PASAL 23 ATAS JASA OUTSOURCING PADA PERUM BULOG DIVISI REGIONAL ACEH


Pengarang

RIZKI ALFITA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1601003020002

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Perpajakan (D3) / PDDIKTI : 62402

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

RINGKASAN
Perum Bulog Divre Aceh adalah perusahaan umum milik negara yang bergerak di bidang logistik pangan. Ruang lingkup bisnis perusahaan meliputi usaha logistic atau pergudangan, survei dan pemberantasan hama, penyediaan karung plastik, usaha angkutan, perdagangan komoditi pangan dan usaha eceran beralamat di Jl. Tgk Daud Beureueuh, Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Aceh 24415 Praktik Kerja Lapangan dilaksanakan pada Perum Bulog Divre Aceh selama 2 bulan sejak tanggal 18 Februari 2019 sampai dengan 18 April 2019.
Tujuan penulisan Laporan Kerja praktIk ini adalah untuk mengetahui bagaimana prosedur perhitungan PPh Pasal 23 atas jasa Outsourcing pada Perum BULOG Divre Aceh apakah sudah sesuai dengan UU PPh Nomor 36 Tahun 2008 UU PPh Nomor 36 Tahun 2008, diatur lebih lanjut dalam peraturan yang dikeluarkan oleh Menteri Keuangan yaitu PMK nomor 244/PMK.03/2008 tentang cara Prosedur Perhitungan dan Pelaporan Pajak Penghasilan Pasal 23 sehubungan dengan jasa Outsourcing.
Berdasarkan pembahasan dalam Laporan Kerja Praktik dapat disimpulkan bahwa pada Perum Bulog Divre Aceh memungut Pajak Penghasilan Pasal 23 atas jasa Outsourcing sebesar 2%. Tagihan Pajak Penghasilan pasal 23 ini diberikan oleh PT. Kurnia Oriza Reksa Perkasa selaku perusahaan yang memberikan jasa Outsourcing kepada Perum Bulog Divre Aceh, setelah itu Perum Bulog Divre Aceh menghitung kembali berapa Pajak terutang Pajak Penghasilan Pasal 23 atas Jasa Outsourcing agar tidak terjadi nya kurang bayar saat Bendahara Perusahaan membayar dan setelah itu melaporkan dengan mengisi SPT Masa PPh 23 bersama dengan lampiran-lampiran paling lambat tanggal 20 bulan berikutnya. Lalu Bendahara menerima kembali satu lembar Bukti Penerimaan Surat (BPS) dari KPP, sebagai bukti telah melapor Pasal 23 atas jasa Outsourcing yang dilakukan oleh Perum Bulog Divre Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK