PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE DENGAN TIPE BAMBOO DANCING PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMPN 6 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE DENGAN TIPE BAMBOO DANCING PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMPN 6 BANDA ACEH


Pengarang

DITA INDANI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1406101040046

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Indani, Dita. 2019. Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle dengan Bamboo Dancing Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMPN 6 Banda Aceh.Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Drs. M. Yusuf Harun, M.Pd., (2) Novia Zalmita, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: perbandingan, hasil belajar, Inside Outside Circle, Bamboo Dancing, IPS Terpadu

Penelitan ini berhubungan dengan membandingkan hasil belajar peserta didik dari dua model pembelajaran yakni Inside Outside Circle dengan Bamboo Dancing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMPN 6 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle dengan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMPN 6 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 6 Banda Aceh. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dengan mengambil hanya dua kelas yaitu kelas VIII-1 sebanyak 26 siswa dan kelas VIII-2 sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data berupa pemberian test kepada peserta didik, yakni pre-test dan post-test. Teknik pengolahan data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5% dan dk =(n1 + n2 – 2) =52, dengan kriteria uji jika thitung > ttabel artinya Ha diterima. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh thitung = 3,48 > ttabel = 1,67 pada taraf signifikansi 5% dan dk=52. Dengan demikian Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Bamboo Dancing pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMPN 6 Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK