//

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TRUE OR FALSE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDE TEACHIG PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IPS DI MAN 3 KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Elviyana - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Elviyana. 2019. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran True Or False dengan Model Pembelajaran Guide Teaching pada Mata Pelajaran Georafi Kelas X IPS di MAN 3 Kota Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. H. Syamsul Bardi, M.Si., (2) Drs. Abdul Wahab Abdi, M.Si. Kata Kunci: perbandingan, hasil belajar, True Or False, Guide Teaching, geografi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah kondisi yang tidak kondusif dalam proses pembelajaran, dimana hasil belajar siswa masih kurang optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran True Or False lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Guide Teaching pada mata pelajaran geografi Kelas X IPSdi MAN 3 Kota Banda Aceh. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model True Or False lebih baik dibandinngkan denganhasil belajar siswa yangmenggunakan model pembelajaran Guide Teaching pada mata pelajaran geografi Kelas X IPS di MAN 3 Kota Banda Aceh. Pendekatan dalam penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk penelitian komperatif eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS MAN 3 Kota Banda Aceh dengan jumlah 88 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik sampling purposive diman yang menjadi sampel dalam penelitian ini yakni kelas X IPS 1 sebanyak 31 siswa kelas X IPS 2 sebanyak 27 siswa. Penelitian ini menggunakan metode tes, yakni pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa thitung = 2,07 > ttabel = 1,671. Sesuai dengan kriteria pengujiannya apabila thitung > ttabel maka Ha diterima. Sehingga hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran True Or False lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Guide Teaching pada mata pelajaran Geografi siswa kelas X IPS di MAN 3 Kota Banda Aceh. Sehingga model pembelajran True or False dapat dikatakan sesuai digunakan untuk pelajaran geografi. Maka disarankan agar guru geografi dapat menggunakan model pembelajaran True Or False sebagai salah satu alternatif model pembelajaran di dalam proses pembelajaran.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TRUE OR FALSE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Cut Zurriati, 2015)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN STRATEGI TRUE OR FALSE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (YUNITA SAFITRI, 2019)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI MAN 1 BANDA ACEH (SITI HAJAR, 2019)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TARI BAMBU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS X DI SMAN 1 PINTU RIME GAYO KABUPATEN BENER MERIAH (ASMAWATI, 2019)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Syarifah Riska, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy