HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATEMATIKA DI SEMESTER I KELAS V SD NEGERI 22 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATEMATIKA DI SEMESTER I KELAS V SD NEGERI 22 BANDA ACEH


Pengarang

WISRI AISA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506104040069

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Aisa, Wisri. 2019. Hubungan Kebisaan Belajar dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Di Semester I Kelas V SD Negeri 22 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Dra. Monawati, M.Pd., (2) Linda Vitoria, S.Si, M.Sc.

Kata Kunci: kebisaan belajar, kemampuan menyelesaikan soal-soal matematika

Kebiasaan belajar sangat penting dalam penentuan kemampuan peserta didik dan kebiasaan belajar merupakan salah satu faktor dalam keberhasilan belajar. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar peserta didik dengan kemampuan menyelesaikan soal-soal matematika di semester I kelas V SD Negeri 22 Banda Aceh?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebisaan belajar peserta didik dengan kemampuan menyelesaikan soal-soal matematika di semester I kelas V SDN 22 Banda Aceh.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan korelasional, dengan pendekatan kuantitatif, sampel seluruh peserta didik kelas VC yang berjumlah 33 siswa, pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Untuk mengolah data menggunakan analisis Product Moment. Hasil analisis menunjukan nilai rxy = 0,625 berarti r > 0 maka hubungan linier bersifat positif. Dilihat pada tabel interpretasi korelasi nilai r berada pada rentang 0,600 – 0,799 yang berarti memiliki tingkat hubungan yang kuat. Besarnya kontribusi varibel X (kebiasaan belajar) dan variabel Y (kemampuan menyelesaikan soal-soal matematika) dengan KP = 39,1%. Daftar distribusi t didapat thitung > ttabel yaitu 4,46 > 1,697 sehingga hipotesis (Ho) ditolak dan (Ha) diterima.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara kebiasaan belajar peserta didik dengan kemampuan menyelesaikan soal-soal matematika. Saran dari penelitian ini adalah diharapkan kepada guru dan orang tua dapat menghimbau dan membimbing peserta didik dengan sungguh-sungguh agar memiliki kebiasaan belajar yang baik dan dapat meningkatkan prestasi.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK