PENGEMBANGAN SOAL KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SETARA PISA MENGGUNAKAN KONTEKS RUMAH ADAT ACEH UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENGEMBANGAN SOAL KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SETARA PISA MENGGUNAKAN KONTEKS RUMAH ADAT ACEH UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA


Pengarang

ULIYATUL USNUL - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1509200160012

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Uliyatul Usnul (2019), Pengembangan Soal Kemampuan Penalaran Matematis Setara PISA Menggunakan Konteks Rumah Adat Aceh untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama

Selama ini prestasi siswa Indonesia pada ajang PISA masih sangat rendah, terbukti dari skor capaian siswa Indonesia yang masing berada di bawah skor rata-rata yang ditetapkan dalam PISA. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor, salah satunya siswa Indonesia kurang terlatih dalam menyelesaikan soal-soal dengan karakteristik seperti pada soal-soal PISA. Siswa Indonesia perlu dibiasakan menyelesaikan soal-soal setara PISA, tetapi ketersediaan soal tersebut masih terbatas khususnya dalam kemampuan penalaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan soal kemampuan penalaran matematis setara PISA dengan menggunakan konteks rumah adat Aceh yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan tipe formative evaluation oleh Tessmer. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Banda Aceh yang berjumlah sebanyak 69 orang. Penelitian ini menghasilkan 12 butir soal setara PISA dalam bentuk uraian. Validitas soal diperoleh dari hasil telaah dan saran lima validator yang digunakan untuk merevisi soal. Kepraktisan soal diperoleh dari penilaian praktisi yaitu guru senior mata pelajaran matematika. Efek potensial diperoleh dari hasil angket respon, wawancara serta komentar tertulis siswa saat uji coba pada tahap field test. Berdasarkan analisis hasil penelitian diperoleh bahwa soal kemampuan penalaran matematis setara PISA yang dikembangkan valid, praktis, dan memiliki efek potensial. Harapan dari penelitian ini adalah guru matematika dapat menggunakan soal-soal yang telah dikembangkan untuk membiasakan siswa dalam menjawab soal setara PISA terutama untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.

Kata kunci: PISA, Soal Kemampuan Penalaran Matematis, Konteks Rumah Adat Aceh

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK