STUDI PRODUKTIVITAS SERASAH MANGROVE RHIZOPHORA SP. DI KAWASAN ALUE NAGA, ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

STUDI PRODUKTIVITAS SERASAH MANGROVE RHIZOPHORA SP. DI KAWASAN ALUE NAGA, ACEH BESAR


Pengarang

Januar Nanda - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1411101010005

Fakultas & Prodi

Fakultas Kelautan dan Perikanan / Ilmu Kelautan (S1) / PDDIKTI : 54241

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Serasah mangrove memiliki peranan penting sebagai penyedia pakan bagi biota – biota yang hidup di ekosistem mangrove, jumlah serasah mangrove pada setiap kawasan berbeda-beda karena adanya pengaruh iklim dan parameter fisika kimia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari faktor fisika dan kimia terhadap tingkat produktivitas serasah mangrove. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli hingga Agustus 2018 di kawasan Alue Naga Kabupaten Aceh Besar yang dibagi menjadi 3 stasiun dengan menggunakan metode stratified random sampling yaitu berdasarkan nilai dari kerapatan mangrove, di mana pada stasiun 1 memiliki kerapatan yang tinggi, stasiun 2 memiliki kerapatan sedang, dan stasiun 3 memiliki kerapatan yang rendah, dimana setiap stasiun diletakkan Litter trap (penampung serasah) Dari hasil penelitian yang telah dilakukan produksi serasah tertinggi yaitu pada stasiun 1 sebesar 4.4 gbk/m^2/hari, sedangkan produksi serasah terendah terdapat pada stasiun 3 sebesar 2,52 gbk/m^2/hari. Berdasarkan komponen serasah mangrove yang paling banyak ditemukan yaitu pada komponen daun sebanyak 8,3 gbk/m^2/hari, sedangkan komponen serasah yang paling sedikit yaitu ranting sebesar 0,58 gbk/m^2/hari. Kerapatan mangrove tertinggi terdapat pada stasiun 1 sebanyak 38 Ind/m^2, sedangkan kerapatan mangrove terendah terdapat pada stasiun 3 sebanyak 29 Ind/m^2.

Kata kunci : Alue naga Aceh Besar, Penampung Serasah, Produksi, Serasah Mangrove.







Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK