//

STUDI PRODUKTIVITAS SERASAH MANGROVE RHIZOPHORA SP. DI KAWASAN ALUE NAGA, ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Januar Nanda - Personal Name
SubjectMANGROVES
AQUACULTURE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Serasah mangrove memiliki peranan penting sebagai penyedia pakan bagi biota – biota yang hidup di ekosistem mangrove, jumlah serasah mangrove pada setiap kawasan berbeda-beda karena adanya pengaruh iklim dan parameter fisika kimia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari faktor fisika dan kimia terhadap tingkat produktivitas serasah mangrove. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli hingga Agustus 2018 di kawasan Alue Naga Kabupaten Aceh Besar yang dibagi menjadi 3 stasiun dengan menggunakan metode stratified random sampling yaitu berdasarkan nilai dari kerapatan mangrove, di mana pada stasiun 1 memiliki kerapatan yang tinggi, stasiun 2 memiliki kerapatan sedang, dan stasiun 3 memiliki kerapatan yang rendah, dimana setiap stasiun diletakkan Litter trap (penampung serasah) Dari hasil penelitian yang telah dilakukan produksi serasah tertinggi yaitu pada stasiun 1 sebesar 4.4 gbk/m^2/hari, sedangkan produksi serasah terendah terdapat pada stasiun 3 sebesar 2,52 gbk/m^2/hari. Berdasarkan komponen serasah mangrove yang paling banyak ditemukan yaitu pada komponen daun sebanyak 8,3 gbk/m^2/hari, sedangkan komponen serasah yang paling sedikit yaitu ranting sebesar 0,58 gbk/m^2/hari. Kerapatan mangrove tertinggi terdapat pada stasiun 1 sebanyak 38 Ind/m^2, sedangkan kerapatan mangrove terendah terdapat pada stasiun 3 sebanyak 29 Ind/m^2. Kata kunci : Alue naga Aceh Besar, Penampung Serasah, Produksi, Serasah Mangrove.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI PRODUKTIVITAS SERASAH MANGROVE RHIZOPHORA SP. DI KAWASAN ALUE NAGA, ACEH BESAR (Januar Nanda, 2019)

PRODUKTIVITAS SERASAH MANGROVE DI PESISIR UTARA KABUPATEN ACEH BESAR (Fitri Yanti, 2017)

HUBUNGAN KANDUNGAN C-ORGANIK, N, P, DAN K PADA SUBSTRAT MANGROVE DENGAN SERASAH DAUN MANGROVE. KECAMATAN SEULIMUM, KABUPATEN ACEH BESAR (NURHAYATI, 2015)

DEKOMPOSISI SERASAH DAUN MANGROVE AVICENNIA MARINA DAN RHIZOPHORA APICULATA DI KAWASAN HUTAN MANGROVE DESA LEUNGAH, KECAMATAN SEULIMEUM, KABUPATEN ACEH BESAR (Kemalahayati, 2014)

DEKOMPOSISI SERASAH DAUN MANGROVE RHIZOPHORA MUCRONATA DI PESISIR UTARA KABUPATEN ACEH BESAR (Titin Setiawati, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy