PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABARRN DI KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABARRN DI KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH


Pengarang

maisarah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906103020039

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI), Pembelajaran Konvensional, Hasil belajar materi Turunan Fungsi Aljabar.

Pembelajaran kooperatif merupakan suatu pembelajaran yang mengutamakan kerja sama antar siswa dalam kelompok-kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran mempunyai beberapa tipe, diantaranya model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan model pembelajaran konvensional. Dengan menerapkan model pembelajaran diharapkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika mengalami peningkatan.oleh karena itu penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengn judul “ Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar Di Kelas XI SMA Negeri 3 Banda Aceh ”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar melalui model pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dan model pembelajaran konvensional pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XI SMA Negeri 3 Banda Aceh. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Banda Aceh dan sampelnya adalah siswa kelas XI IA-6 dan kelas XI IA-7 diambil secara random sampling yaitu kelas XI IA-6 yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan kelas XI IA-7 yang diterapkan model pembelajaran konvensional. Pendekatan penelitian adalah pendekatan eksperimen dan jenis penelitiannya adalah kuantitatif. Pengolahan data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji-t dua pihak dengan taraf signifikan ?=0,05. Dari hasil analisis data didapat kedua kelas bersifat homogen dan berdistribusi normal sehingga uji-t bisa dilakukan dan diperoleh t_hitung

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK