//

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SEKOLAH DASAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RAHMAT - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
MATHEMATIS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Matematika Unsyiah
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rahmat (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik di Sekolah Dasar Kemampuan pemecahan masalah siswa belum sesuai yang diharapkan. Permasalahan tersebut salah satunya sebabkan karena strategi guru kurang tepat. Guru perlu menerapkan strategi melalui pendekatan pembelajaran yang tepat, salah satunya yaitu pendekatan matematika realistik (PMR). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan menganalisis kesulitan siswa dalam memecahkan masalah matematika melalui PMR. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian yaitu enarn siswa kelas V SDN 6 Kutablang yang dipilih berdasarkan indikator komunikatif. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan matematika dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan diuraikan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menerapkan dan menyesuaikan strategi yang tepat dalam memecahkan masalah dengan memahami masalah seperti menuliskan terlebih dahuiu yang diketahui dan ditanya, namun ada juga siswa yang langsung membuat strategi tanpa terlebih dahulu menuliskan yang diketahui dan ditanyakan; siswa menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konteks di luar matematika dengan mengingat kembali materi yang telah dipelajari untuk digunakan dalam permasalahan yang berbeda konteks serta membuat kaitan antara konsep yang lalu dengan permasalahan-, dan siswa menyelesaikan permasalahan baru dengan membuat kaitan informasi yang diketahui dan ditanyakan. Informasi tersebut diubah ke dalam bentuk model matematika sehingga siswa dapat memecahkan masalah lebih cepat dan mudah. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah melalui pendekatan matematika realistik yaitu siswa kesulitan dalam menjalankan penyelesaian dan memeriksa kernbab jawaban yang telah diperoleh, kesulitan ini disebabkan siswa tidak memahami soal dengan baik, siswa tidak memiliki ide untuk menyelesaikan hingga akhir dan tidak mengetahui bagaimana cara untuk mengecek kembali. Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematika, Pendekatan matematika realistik viii

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (Nur Dewi, 2016)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI SPLTV KELAS X MAN 4 ACEH BESAR (CUT NADIA, 2018)

EFEKTIVITAS LOCAL INSTRUCTION THEORY MATERI BANGUN RUANG DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI SEKOLAH DASAR (Mona Vazila, 2019)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (Muhammad Ridha, 2017)

RETENSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN INTEGRASI NILAI ISLAMI DI MTSS ULUMUL QURAN PAGAR AIR (Aulia Rahman, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy