//

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN SAVI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang JUANDA - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
PROBLEM SOLVING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Juanda (2019). Kemainpuan Pemecalian Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pencickatan SAVI Sisvva masih mengalami kendala dalam menyelesaikan soal matematika, terutama soal non rutin. Hal ini berdampak pada rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis. Kemampuan pemeeahan masalah penting dikembangkan untuk mcncimakan dan menghasilkan siswa yang memiliki kemampaan kognitif yang baik. Sclain itu. kcmandirian bclajar SiSWa juga beIum optimal. SISWa jarang mcngajukan pertanyaan pada guru sehingga siswa hanya menerima informasi yang disampaikan olch guru. Dengan demikian pembelajaran cenderung satu arak Olch karena itu. diperlukan inovasi dalam proses pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemainpuan pcmccahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan peinecaban masalah matematis dan kemandirian belajar siswa metalui pembelajaran dcngan pendekatan Somans, Auddori. Vuuul dun lnielektual (SAVI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen. Sampel terdiri dari dua kclas yaitu siswa kelas VIII A scbagai kelas eksperimen yang memperoleh pembelajamn dengan pendekatan SAVI dan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran secara konvensional Instrumen pcnclitian ini yaitu soal pretes, postes kemampuan pcmccahan masalah, dan angket kemandirian belajar. Data dianalisis menggunakan statistik pengujian perbedaan rata-rata dua sampel 11asiI penelitian dapat disimpulkan bahwa I) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran dcngan pendekatan SAVI lebth haik dari pada siswa melalui pembelajaran secant konvensional 2) kemandirian bclajar siswa mclalui pembelajaran dengan pendckatan SAVI lebih baik dari pada siswa vang memperolch pembelajamn secara konvensional. Guru dapat menerapkan pendekatan SAVI untuk menilai kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajor siswa. Kata Kunci Pemecahan Masalah Matcmatis. Kcmandirian Belajar. Pendek tan SAVI

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA BERDASARKAN LANGKAH-LANGKAH IDEAL PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ) (RIDHA YUNIARA, 2018)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) (HILDA RESTINA, 2018)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) (CUT TIA MERAWAN ZULFA, 2021)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI METODE THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) DI SMPN 1 KUTA BARO (GIZELLA GHAISANI, 2019)

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMPN 1 BANDA ACEH (RAUZATUL JANNAH, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy